Mengenal Sanger, Racikan Kopi Khas Aceh yang Didasari 'Sama-Sama Ngerti'

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Sabtu 11 November 2017 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 11 298 1812319 mengenal-sanger-racikan-kopi-khas-aceh-yang-didasari-sama-sama-ngerti-T3PBmnVjYD.jpg Kopi Sanger minuman favorit masyarakat Aceh (Foto: Annisa/Okezone)

BILA berkunjung ke Aceh, Anda yang merupakan pencinta kopi tampaknya tak boleh melewatkan kopi sanger. Ya, jenis minuman kopi dengan campuran sedikit susu kental manis ini merupakan salah satu yang favorit di kalangan masyarakat Aceh, selain kopi hitam.

Di sejumlah warung kopi di Aceh, Anda dengan mudah bisa menjumpai kopi sanger. Sanger diracik berbahan sedikit susu kental manis yang diseduh ke dalam kopi hitam saring. Permukaannya sedikit berbuih dengan warna sedikit kecoklatan.

"Perbedaannya dengan kopi susu, kopi sanger itu susu kental manisnya sedikit, lebih terasa kopinya dibandingkan kopi susu," ujar H. Nawawi, pemilik warung kopi Solong Coffee, yang ditemui Okezone di Banda Aceh, Jumat 10 November 2017.

(Foto: Annisa/Okezone)

Dinamakan kopi sanger lantaran istilah tersebut dipopulerkan oleh sekumpulan mahasiswa yang merupakan seorang penyiar radio. 'Sanger' muncul sekira tahun 1980-an. Saat berkunjung ke sebuah warung kopi, mahasiswa yang tak sanggup membeli kopi hitam memesan kopi susu.

Namun, karena harganya yang mahal kala itu, kopi susu menjadi sulit dijangkau oleh kantong mahasiswa. Mereka pun bernegoisasi dengan pemilik warung untuk meminta diracik kopi menggunakan takaran susu yang sedikit. Akhirnya, kesepakatan yang didasari saling pengertian itu disingkat menjadi 'sanger'.

"Mereka lantas menyebut itu sebagai kopi sanger, artinya 'sama-sama ngerti'. Dulu harga kopi susu Rp 1.000, nah kopi sanger cuma Rp 700, jadi sama sama ngerti kantong anak muda saat itu,” kata H. Nawawi.

(Foto: Annisa/Okezone)

Kopi sanger ini juga bisa diracik sendiri di rumah, loh. Pertama, Anda perlu menyeduh kopi bubuk hitam tanpa gula yang dibuat kental sebanyak 1-2 sendok makan.

"Cara penyeduhan sebaiknya tidak dalam gelas melainkan dalam ketel besi. Tutup ketel kurang lebih 10 menit lamanya. Lalu, disaring, kemudian dikasih susu kental manis sedikit sesuai selera," terang H. Nawawi.

(Foto: Annisa/Okezone)

Kopi sanger bisa disajikan dalam suhu panas atau dingin. Kopi sanger akan terasa lebih nikmat bila ditemani dengan sejumlah kudapan khas Aceh, seperti timphan, adee, lemping, atau kue jala.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini