Image

OKEZONE WEEK-END: Ini Dia 5 Objek Wisata Nusantara yang Terkenal Berkat para Pahlawan

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 11 406 1812315 okezone-week-end-ini-dia-5-objek-wisata-nusantara-yang-terkenal-berkat-para-pahlawan-PxAEUKWS0I.jpg Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu (Foto: Demon Fajri/Okezone)

PAHLAWAN dulu pernah membela Indonesia hingga bertaruh nyawa. Berbagai peristiwa pertempuran atau bahkan lokasi pengasingan di berbagai kota saat ini dikenal sebagai objek wisata yang menarik dikunjungi.

Baik sebelum atau sudah merdeka, dari Sabang sampai Merauke dijadikan sebagai lokasi yang akhirnya dikenal dengan unsur sejarah. Yang sangat dikenal yaitu tempat pengasingan Soekarno di Ende, NTT atau di Bengkulu, Sumatera.

Saat pergi ke kota itu, bagi pecinta sejarah pasti menyempatkan waktu untuk menengok objek wisatanya. Lebih lanjut, berikut adalah objek wisata yang dikenal traveler berkat para pahlawan. Simak ulasannya, dirangkum Okezone, Minggu (12/11/2017).

Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu

(Foto: Demon Fajri/Okezone)

Anda pasti sudah mengenal tempat pengasingan Bung Karno yang terkenal di Bengkulu. Di zaman Belanda, dirinya rela diasingkan ke berbagai daerah agar jauh dari Batavia. Tempat pengasingan di Bengkulu pun pernah ditinggalinya tahun 1938-1942. Uniknya, di tempat tersebut juga menjadi saksi bisu cinta Bung Karno-Fatmawati. Hingga kini, rumah pengasingan ini sangat terawat dan dikelola dengan baik. Setiap ke Bengkulu, wisatawan pasti menyempatkan untuk mampir ke Jalan Soekarno-Hatta nomor 8, Kota Bengkulu. Okezone pernah melewatinya dan tampak bangunan dari depan masih utuh seperti dahulu.

Tugu Pahlawan Surabaya

(Foto: Panduanwisata)

Pertempuran 10 November 1945 terjadi di Kota Surabaya. Setiap pelancong pasti tahu sejarahnya yang pernah diajarkan di bangku SD. Terjadi pertempuran hebat yang melibatkan "Arek-Arek Suroboyo" pada masa itu membela Indonesia yang hendak dijajah kembali oleh sekutu Belanda. Untuk memperingati peristiwa itu, jadilah dibangun Tugu Pahlawan yang kemudian diresmikan oleh Soekarno tahun 1952. Kalau wisatawan melancong ke Surabaya, pasti menyempatkan mampir ke Tugu Pahlawan yang dikenal pula sebagai ikonik Kota Surabaya.

Tugu Muda Semarang

(Foto: Wikimapia)

Pertempuran Lima Hari di Semarang juga menimbulkan banyak kenangan. Salah satu bukti yang ada hingga kini yaitu adanya Tugu Muda yang selalu ramai setiap jam. Apalagi saat malam hari, lokasi ini dipadati oleh warga sekitar atau malah pelancong dari nusantara. Banyak hal menarik dari lokasi ini, mulai dari kisah sejarahnya yang singkat, namun bisa dikenang oleh masyarakat Indonesia hingga kini.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini