Image

OKEZONE WEEK-END: Si Naga Bonar Terinspirasi Kisah Pahlawan Timur Pane dari Tanah Batak

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 20:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 11 406 1812453 okezone-week-end-si-naga-bonar-terinspirasi-kisah-pahlawan-timur-pane-dari-tanah-batak-svLNORdDRe.jpg Kisah Naga Bonar (Foto:Ist)

 

TANAH Batak rupanya punya banyak pahlawan yang kaya raya dan kisahnya nyentrik. Salah satunya Jenderal Timur Pane atau dijuluki Naga Bonar. .

Ya, dikisahkan dari berbagai sumber, Jenderal Timur Pane merupakan bekas raja copet di Medan. Tapi asalnya dari Tapanuli dan menobatkan diri sebagai jenderal secara tiba-tiba.

Karenanya, dia ingin membuat pasukan perang yang beranggotakan para copet, lalu diberi nama Legiun Penggempur Raja Terbang. Akhirnya, dia bertempur di medan perang pada 1945-1948.

Bonar diduga ingin menyaingi atau malah membantu jenderal sungguhan untuk melawan sekutu. Karena pada saat itu, terjadi pula perang besar-besaran di Tanah Batak.

Pada saat itu, di wilayah Sumatera Utara terjadi pertempuran besar melawan pasukan Belanda. Termasuk di Tanah Karo, Parapat, hingga Pematang Siantar untuk membela Indonesia.

Masyarakat dengan berbagai marganya ingin membela diri dan menyelamatkan tanah kelahirannya dari ancaman sekutu. Jadilah banyak pahlawan yang dikenal dari Sumatera Utara dengan berbagai kisahnya yang unik.

Karena cukup menarik perhatian, kisah Timur Pane akhirnya dijadikan sebuah naskah film layar lebar dan sempat booming saat diluncurkan tahun 2008.

Kalau tidak diproduksi jadi sebuah film, mungkin rakyat Indonesia tidak tahu siapa itu Jenderal Timur Pane. Bahkan, di tanah kelahirannya, beberapa pahlawan juga dikenalkan lewat museum, film atau beberapa karya lainnya untuk mengenang jasa-jasanya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini