Image

OKEZONE WEEK-END: Karena Jasanya, 3 Pahlawan Nasional Ini Namanya Diabadikan sebagai Nama Jalan di Luar Negeri, Siapa Saja?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 19:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 11 406 1812465 okezone-week-end-karena-jasanya-3-pahlawan-nasional-ini-namanya-diabadikan-sebagai-nama-jalan-di-luar-negeri-siapa-saja-1lYIgbPgWz.jpg Raden Ajeng Kartini (Foto:Okezone)

 

KIDS zaman now mungkin perlu mengetahui informasi ini. Pasalnya, terlampau jauh tahun kelahiran dengan tahun kemerdekaan Negara ini, membuat mereka mungkin tidak tahu siapa saja pahlawan yang berjuang untuk Indonesia.

Nah, jika Anda lebih jauh mencari tahu mengenai pahlawan nasional tersebut, tentunya Anda juga tidak asing dengan nama-nama jalan yang ada di Indonesia yang menggunakan nama pahlawan. Sebut saja MT Haryono, atau TB Simatupang.

Tapi, siapa sangka kalau ternyata nama pahlawan Indonesia juga dipakai untuk nama jalan baik di Indonesia atau juga di luar negeri. Siapa dan dimana saja kah lokasi nama-nama tersebut? Okezone coba mencari tahunya

1. Soekarno

Presiden pertama Republik Indonesia ini namanya memang tersohor di luar negeri. Pria berkharisma dan berjiwa besar untuk Indonesia ini ternyata namanya ada di Kota Rabat, Maroko.

Nama Ir. Soekarno diresmikan menjadi nama jalan di Kota Rabat yang merupakan Ibukota dari Negara Maroko yaitu pada tahun 1960. Ada yang spesial dan istimewa dalam peresmian nama jalan tersebut, yaitu sang peresminya adalah Soekarno itu sendiri.

Nama jalan ini terdapat pada pusat kota Rabat, tepatnya di depan kantor Pos kota Rabat. Nama jalan tersebut yaitu ”Rue Soukarno”. Penamaan ini sebagai apresiasi dan penghargaan dari Raja Muhammad V atas jasa Ir. Soekarno untuk negaranya.

Selain nama Ir. Soekarno yang digunakan sebagai nama jalan, ternyata Jakarta juga diabadikan sebagai nama jalan di Maroko, lho. Untuk ucapan terima kasih atas apresiasi tersebut, pada 1990 Jakarta menjadikan Casablanca sebagai nama jalan di Jakarta.

2. Muhammad Hatta

Tak hanya sang presiden pertama yang namanya diapresiasi Negara lain. Wakil Presiden pertama RI Muhammad Hatta pun bernasib sama. Nama Muhammad Hatta dijadikan nama jalan di Kota Harleem, Belanda.

Selidik punya selidik, adanya nama jalan Muhammad Hatta di Belanda karena pahlawan satu ini menimba ilmu di Negara kincir angin tersebut. Pemerintah Belanda melalui RH Claudius mengabadikan nama Mohammed HattaStraat di salah satu pusat kota di Belanda dan nama jalan tersebut masih ada sampai sekarang, lho!

3. RA Kartini

Masih di Kota Harleem, Belanda, ternyata ada nama pahlawan Indonesia lainnya yang tertera di papan jalan. Adalah nama Raden Ajeng Kartini. Yang spesial dari nama ini, ternyata tidak hanya ada di satu lokasi saja, melainkan empat lokasi.

Yang pertama yaitu jalan R. A. Kartinistraat di kota Utrecth, Kartinistraat di Venlo, Raden Adjeng Kartinistraat di Amsterdam, dan Kartinistraat di Haarlem. Luar biasa, ya!

 

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini