nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astaga! Dikira Sakit Maag, Dokter Temukan 1 Kg Kayu dan Plastik di dalam Perut Remaja Ini

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 11 November 2017 15:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 11 481 1812408 astaga-dikira-sakit-maag-dokter-temukan-1-kg-kayu-dan-plastik-di-dalam-perut-remaja-ini-ySFMZYL7Om.jpg Dokter temukan 1 kg plastik dan kayu dalam perut remaja 16 tahun (Foto: Longroom)

SEORANG ahli bedah tertegun, dia menemukan 1 kg kayu dan plastik di perut seorang anak laki-laki. Sebelumnya, remaja berusia 16 tahun tersebut mengeluh sakit pada bagian perut tiada henti.

Arjun Sah asal India, memiliki kecanduan aneh mengunyah pecahan plastik dan gumpalan kayu. Dokter menemukan obsesi anehnya saat memasukkan kamera ke perutnya untuk mencari tahu akar penyebab rasa sakit yang dialami Arjun.

Remaja tersebut menderita Pica, yaitu gangguan makan yang terjadi pada seseorang. Orang yang mengalami gangguan Pica tidak hanya mengonsumsi plastik atau kayu, tetapi juga pasir, bedak, batuk, cat, bahkan kotoran.

Sementara itu, ahli bedah di Bathinda ini, telah 2 kali mengoperasi Arjun dan mampu mengeluarkan 300 gram bahan material dari dalam perutnya. Kini, Arjun akan menghadapi 3 operasi lagi untuk mengeluarkan sisanya setelah endoskopi ditemukan massa padat di perutnya.

Ibunda Arjun berterima kasih kepada para dokter, karena telah menyelamatkan nyawa anaknya. Namun, keluarga diperingatkan bahwa Arjun membutuhkan konseling untuk membantu mengontrol gangguan makan anehnya.

"Kapan pun kami melihat dia (Arjun) makan karet, kami akan menghentikan dia untuk melakukannya," kata Gurmeet, Ayah Arjun yang dikutip Dailymail, Sabtu (11/11/2017).

Tapi, Arjun tidak akan lepas dari gangguan Pica. Ketika ayahnya tidak mengawasi, Arjun akan terus makan plastik dan menggigit kayu. Seiring waktu berlalu, Arjun menjadi kecanduan akan kebiasaannya tersebut.

"Kami pikir Arjun sudah dewasa dan menyingkirkan kebiasaan aneh itu sendiri, tapi bukan itu masalah yang sebenarnya," tambah Gurmeet.

Arjun pertama mengeluhkan sakit perut setengah tahun yang lalu. Penderitaanya menjadi semakin akut seiring waktu berjalan. Kondisi Arjun memburuk, dia menderita sesak napas dan berhenti makan apapun.

Kemudian, Arjun dilarikan ke rumah sakit setelah kehilangan 15 kg berat badannya dalam 7 hari. Awalnya dokter bingung dah menduga Arjun mempunyai penyakit maag. Ketika melakukan endoskopi, dokter menemukan simpul partikel plastik dan kayu di perutnya.

"Simpul itu telah menghambat ususnya sedemikian rupa, sehingga setetes airpun tidak bisa lewat begitu saja. Anak itu dibawa ke kami tepat pada waktunya," kata Dr Gagandeep Goyal

Total, dokter menemukan zat padat hitam seberat 1 kg di dalam perut Arjun. Diperlukan 3 intervensi bedah untuk mengekstrak sisa 700 gram limbah dari dalam tubuhnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini