nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Sudahkah Anda Mengenal Mereka yang Berjasa di Dalam Dompet?

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 12 November 2017 19:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 12 196 1812808 okezone-week-end-sudahkah-anda-mengenal-mereka-yang-berjasa-di-dalam-dompet-qLYFFyeAdw.jpg Uang (Foto: Ist)

SEBAGAI rakyat Indonesia, mata uang rupiah adalah mata uang yang sah untuk kita gunakan sebagai alat pembayaran untuk kegiatan transaksi ekonomi di kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Akan tetapi, sadarkah Anda bahwa dalam bertransaksi sehari-hari, dompet kita setiap harinya selalu ditemani oleh gambar-gambar para sosok pahlawan yang telah berjuang untuk kemajuan negeri ini?

Peraturan soal adanya pemakaian gambar dari para sosok pahlawan nasional ini tidak sembarangan loh, karena memang diatur secara hukum resmi lewat adannya Keppres Nomor 31 Tahun 2016, yang menyebutkan tentang penetapan gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama pada bagian Rupiah kertas dan logam untuk mata uang RI.

Sebagaimana dihimpun Okezone dari berbagai sumber, disebutkan bahwasanya penggunaan gambar pahlawan di mata uang ini merupakan sebagai salah satu upaya penghormatan terhadap nilai-nilai kepahlawanan mereka, juga sejalan dengan upaya penanaman nilai-nilai kepahlawanan. Lalu, siapa saja sih contohnya? Berikut beberapa di antaranya dimulai dari pecahan kertas nominal paling besar, hingga pecahan logam.

 

Pertama ada gambar dari Presiden pertama RI Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta dalam pecahan Rp100.000.

Lalu ada juga sosok pahlawan Djuanda Kartawidjaja yang dijadikan sebagai gambar utama dalam uang kertas pecahan Rp50.000 dan sosok gambar dari GSSJ Ratulangi di dalam pecahan uang kertas Rp20.000.

Lanjut ke pecahan nominal Rp10.000 yang dihiasi oleh pahlawan nasional Frans Kaisepo sebagai gambar utama bagian depannya.

Kemudian ada sosok pahlawan KH Idham Chalid untuk uang kertas nominal Rp5.000, Mohammad Hoesni Thamrin pada uang pecahan Rp2.000, serta hadirnya pahlawan nasional perempuan dari Aceh, Tjut Meutia pada yang kertas Rp1.000.

 

 

 

Sedangkan untuk uang logam, gambar pahlawan Mr I Gusti Ketut Pudja terpatri pada uang logam pecahan Rp1.000. Lalu untuk pecahan Rp500, ada pahlawan nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang yang menemani, kemudian gambar Dr Tjiptomangunkusumo pada uang logam nominal Rp200 dan terakhir ada gambar sosok Prof Dr Ir Herman Johannes yang dipakai untuk uang logam pecahan Rp100.

Disebutkan lebih jelas, proses pemilihan gambar pahlawan untuk mata uang ini sendiri dilakukan dengan melalui proses focus group discussion (FGD) dengan sejarawan, akademisi, instansi tekait seperti Kemeneterian Keuangan dan Kementerian Sosial, serta pemerintah daerah. Pemilihan gambar pahlawan memperhatikan prioritas provinsi yang belum terakomodasi dalam uang rupiah, sosok para pahlawan yang berjuang dan punya dampak besar di lingkup nasional, dan nilai patriotism, serta mempunyai ketokohan seperti nama pahlawan yang sudah dipakai untuk nama-nama jalan atau fasilitas umum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini