Image

Cerita di Balik Hidupnya Mausoleum Imam Bukhori di Uzbekistan Berkat Jasa Bung Karno

Dada Sathilla, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 07:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 12 406 1812637 cerita-di-balik-hidupnya-mausoleum-imam-bukhori-di-uzbekistan-berkat-jasa-bung-karno-P9PC4Ucs4S.jpg Mausoleum Imam Bukhori (Foto: Sabra Sathilla/Okezone)

Kepahlawanan Bung Karno tak cuma dirasakan rakyat Indonesia tapi juga umat muslim di negara lain, misalnya di Uzbekistan. Negara pecahan Uni Soviet yang berada di Asia Tengah ini merupakan negara yang mayoritas penduduknya muslim. Bung Karno membantu 'menghidupkan' kembali situs suci umat muslim yaitu mausoleum atau makam Imam Bukhori. Berkat jasanya, komplek mausoleum Imam Bukhori kini menjadi destinasi wisata utama di Uzbekistan.

 

Bung Karno pernah mengunjungi Uzbekistan yang waktu itu masih menjadi bagian dari Uni Soviet pada tahun 1954 atas undangan pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev. Sebelum bertolak ke Moskow, beliau menyatakan ingin ziarah ke mausoleum Imam Bukhori, ahli hadist terkenal yang berasal dari Bukhara.

Makam Imam Bukhori terletak di sebuah desa bernama Hartang, dekat Samarkand, Uzbekistan. Karena saat itu Uzbekistan bagian dari Uni Soviet yang beraliran komunis, makamnya dilupakan bahkan terbengkalai. Demi Bung Karno, pemimpin Soviet kemudian menginstruksikan untuk merestorasi makam Imam Bukhori dan mushola di sampingnya.

Ada juga versi lain dari kisah ini. Kabarnya Bung Karno bersedia memenuhi undangan dari Moskow asal pihak Soviet bisa menemukan makam Imam Bukhori yang hilang. Demi Bung Karno, pihak Soviet pun akhirnya mati-matian mencari makam Imam Bukhori hingga ketemu dan merenovasinya.

Komplek mausoleum Imam Bukhori terletak di desa Hartang, 25 kilometer dari Samarkand, Uzbekistan. Berkat jasa Bung Karno mausoleum Imam Bukhori kini menjadi komplek wisata yang indah dan menarik. Disini para peziarah dan turis tak hanya bisa mengunjungi makam Imam Bukhori namun bisa juga mengunjungi dan sholat di mushola, berkunjung ke perpustakaan dan madrasah.

Ada juga pusat belajar hadist di komplek makam ini. Komplek makam Imam Bukhori terlihat indah menawan dengan dindingnya dihiasi motif mosaik, majolika, alabaster dan oniks. Juga dengan motif bunga dan geometrik. Kubah makam atau mausoleumnya dihiasi dengan ubin biru, sedang makamnya dari oniks hijau terang.

Bila anda traveling ke Uzbekistan jangan lupa mengunjungi mausoleum Imam Bukhori karena beliaulah yang telah menghimpun sejuta hadist dari Rasulullah SAW. Imam Bukhori telah menuliskan sebanyak 9082 hadist dalam karya monumentalnya yang berjudul Al Jami' al-Shahil yang dikenal sebagai Shahih Bukhori. Tentunya ada perasaan bangga bila ke Uzbekistan karena pahlawan Indonesia, Bung Karno, berjasa menghidupkan kembali makam ini. Warga Uzbekistan pun kabarnya masih mengingat jasa Bung Karno ini.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini