Image

Kunjungi Malang, Jangan Lupa Menengok Puncak B29 Negeri di Atas Awan!

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 10:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 12 406 1812643 kunjungi-malang-jangan-lupa-menengok-puncak-b29-negeri-di-atas-awan-mLZuDQvKiw.jpg Puncak B29 Malang (Foto: Kiki/Okezone)

BICARA soal keindahan alam, bukan rahasia lagi bahwasanya Indonesia menyajikan keindahan alam yang mempesona, di mana kecantikan akan alam inilah yang dimanfaatkan oleh Indonesia untuk menjadi objek wisata yang menarik.

Salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Indonesia contohnya adalah Malang, menyinggung Malang biasanya yang langsung terpikirkan di banyak benak orang awam adalah pesona keindahan alami yang ditawarkan oleh Gunung Bromo.

Eits, jangan salah! Ternyata keindahan akan pesona alam yang ditawarkan Malang bukan hanya Gunung Bromo saja loh, sebab masih ada keindahan alam lagi yang ditawarkan yakni pesona akan puncak B29.

Berlokasi di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, puncak B29 atau yang lebih dikenal dengan sebutan negeri di atas awan ini siap memanjakan mata para wisatawan yang datang. Bagaimana tidak? Puncak B29 hadir dengan wujud yakni pemandangan indah lereng gunung yang ditawarkan oleh gunung Batok, Semeru, dan juga Bromo dari ketinggian 2.900 di atas permukaan laut (mdpl).

Udara dingin yang segar dan gumpalan awan-awan putih nan cantik siap menyapa para wisatawan yang hadir berkunjung. Cantik dan magis mungkin tepat digunakan sebagai gambaran dari suasana di puncak b29. Sebagaimana dikutip siaran media dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, puncak B29 ini adalah sebuah bukit yang merupakan masih jadi bagian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Terletak di sisi tenggara gunung Bromo dan mempunyai ketinggian 2900 meter di atas permukaan laut, menjadikan puncak B29 ini lebih tinggi daripada gunung Bromo yang mempunyai ketinggian 2392 mdpl. Namun sayangnya kawasan ini belum begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Diketahui lebih lanjut, ada kisah legenda yang menyelimuti seputar area puncak B29. Hal ini diungkapkan oleh Edi Prakoso, selaku tour guide yang mendampingi Okezone dalam kunjungan ke puncak B29 dalam acara "Sosialisai Pemasaran Mancanegara Pada Media Nasional".

"Iya disebutkan konon katanya, menurut keyakinan mereka, orang-orang sekitar. Lereng ini dijaga oleh tiga ksatria, yaitu tiga putra dari Roro Anteng dan Jaka Seger. Mereka kan punya anak kurang lebih 25, nah tiga di antaranya yakni Joko Noto, Joko Niti dan Eyang Sapu Jagad lah yang menjaga lereng ini," papar Edie.

Hal di atas sekaligus menjelaskan, mengapa di area puncak B29 terdapat dua buah bangunan seperti rumah kecil dengan pura kecil untuk sembahyang yang melambangkan Joko Noto dan Joko Niti. Di mana, para masyarakat sekitar akan berkunjung untuk ritual sembahyang di kedua tempat ini untuk berdoa sebelum melaksanakan acara-acara penting

Masih di sekitar area puncak B29 juga, para wisatawan yang datang berkunjung juga bisa melihat masjid Jabal Nur yang diklaim sebagai masjid tertinggi di pulau Jawa dengan letaknya yang berada di lereng gunung Semeru dan gunung Bromo.

Sementara itu, untuk perihal akomodasi. Keindahan pesona dari puncak B29 ini bisa dilihat dengan menggunakan kendaraan mobil dan ojek motor. Di mana kendaraan mobil bisa digunakan hingga di titik rest area satu, baru kemudian dilanjutkan oleh ojek motor untuk menempuh sekitar dua kilometer jalanan menanjak yang memang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini