Image

Sering Mengkonsumsi Gula Lebih dari 4 Sendok Sehari, Awas Diabetes Mengintai

Vessy Frizona, Jurnalis · Minggu 12 November 2017, 16:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 12 481 1812744 sering-mengkonsumsi-gula-lebih-dari-4-sendok-sehari-awas-diabetes-mengintai-k6Z7wUPWkC.jpg Bahaya Diabetes (Foto: Boldsky)

Menjamurnya makanan dan minuman manis kekinian yang ada saat ini membuat orang semakin banyak mengkonsumsi gula. Hal itu membuat kadar gula dalam diri seseorang meningkat, sehingga jumlah penderita diabetes semakin tinggi.

Berdasarkan World Health Organitation (WHO) diabetes country profiles tahun 2016, penderita diabetes wanita di Indonesia (prevalensi: 7,3%) lebih banyak daripada pria dengan persentase 6,6 persen. Data tersebut berarti menunjukkan bahwa angka kematian wanita lebih tinggi dari pria. Sebab diabetes merupakan penyakit yang berisiko kematian.

Menurut Dr. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka penderita diabetes yang semakin bertambah setiap tahunnya. Berdasarkan International Diabetes Federation tahun 2015, penderita diabetes di Indonesia mencapai 10 juta orang, menjadikan diabetes sebagai pembunuh nomor 3 di Indonesia. Untuk menekan angka tersebut, dokter Em mengatakan peran ibu sangatlah diperlukan dalam menjaga kesehatan keluarga agar terbebas dari diabetes.

"Dalam hal ini, peran Ibu menjadi krusial sebagai pilar nutrisi keluarga / nutritional gatekeeper, karena Ibu menjadi penentu makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk keluarganya," ungkap dokter Em saat ditemui Okezone dalam acara peringatan World Diabetes Day 2017 Hands4Diabetes di kawasan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (12/11/2017)

Untuk menjaga kadar gula yang dikonsumsi keluarga dokter Em menyarankan ibu lebih bijaksana dalam memilih pemanis. Misalnya dengan memilih pemanis rendah kalori sebagai pengganti gula pasir sudah lazim dipakai sebagai alternatif penggganti gula, apalagi sudah mendapatkan izin edar dari BPOM, sehingga aman dikonsumsi.

Sebagai acuan, ibu dapat merujuk pada anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tentang batas maksimum konsumsi gula seseorang hanya 4 sendok makan dalam sehari. Oleh sebab itu, jika Anda termasuk orang yang mengkonsumsi gula lebih dari empat sendok dalam sehari, ganti gula dengan pemanis rendah kalori.

Selain mengkonsumsi gula, perhatikan juga faktor gaya hidup. Sebab, nutrisi yang dikonsumsi dan aktivitas fisik yang dilakukan, memegang peranan penting agar setiap orang dapat hidup sehat, bebas tanpa diabetes.

"Aktivitas seperti fun walk dan senam merupakan bentuk aktivitas fisik yang sehat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh," tukas dokter Em.

Berdasarkan hasil survey yang melibatkan 1.501 di lima negara Asia, termasuk Indonesia, 2 dari 3 orang di Indonesia menganggap kesehatan mereka baik, namun sayangnya mereka masih sering merasa stres. Selain itu, 6 dari 10 orang Indonesia juga tidak pernah olah raga rutin dan 1 dari 3 orang Indonesia kurang tidur atau tidur kurang dari 6 jam/hari. Hasil tersebut cukup ironis, dimana mereka merasa sehat, namun sebenarnya kurang menjalani pola hidup sehat.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini