Nikmati Olahan Susu Kambing Etawa di Lumajang! Salah Satunya Variasi Keju Lezat!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 13 November 2017 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 13 298 1813148 nikmati-olahan-susu-kambing-etawa-di-lumajang-salah-satunya-variasi-keju-lezat-x0CwqGaJRD.jpg Ilustrasi susu kambing (Foto: From The Grapevine)

SAAT mendengar kata produk makanan olahan susu seperti misalnya ragam varian keju, yogurt, dan minuman susu itu sendiri, tidak dipungkiri masih banyak orang awam yang berpikiran bahwa produk makanan ini erat kaitannya dengan produk makanan asing alias diimpor dari negara lain.

Well, jika Anda salah satu orang yang beranggapan seperti penjelasan di atas. Maka penting rasanya untuk mengetahui kabar satu ini. Ada apakah gerangan?

Nah, perlu diketahui bahwasanya produksi olahan susu itu tidak melulu harus diimpor dari negara asing loh! Sebab, tahukah Anda bahwasanya daerah di Indonesia pun sudah mampu memproduksi produk olahan susu sendiri, salah satunya susu kambing. Di mana kambing yang digunakan selain kambing dengan peranakan etawa, juga kambing etawa ras Senduro yang berasal dari Desa Senduro, Kabupaten Lumajang.

Yup, kambing etawa ras Senduro yang berasal Desa Senduro Kabupaten, Lumajang di dekat gunung Semeru ini seperti disebutkan dalam siaran media yang dirilis oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam acara "Sosialisasi Pemasaran Mancanegara Pada Media Nasional di Lumajang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017), kambing ras etwar, Uttar Prades dibawa oleh Presiden pertama Indonesia, Ir.Soekarno yang kemudian pada tahun 1947 dikawinkan silang dengan kambing lokal Lumajang, kambing menggolo. Nah, hasil persilangan dari kedua kambing tersebut inilah yang akhirnya dinamakan kambing etawa Senduro.

Kambing etawa Senduro sendiri mempunyai tubuh yang tebal, yang bisa dilihat dari arah depan dan dada kambing. Jadi bukan semata-mata tebal karena bulunya saja. Selain tebal, kambing etawa Senduro ini diketahui memiliki ukuran postur yang tinggi, panjang, dan bibit yang unggul.

 

Susu kambing etawa Senduro inilah yang dimanfaatkan oleh masyarakat di desa Senduro, Lumajang, salah satunya oleh Syaiful Siam selaku pemilik dari Goatzilla Farm and Cafe. Syaiful mengolah hasil susu kambing etawa Senduro menjadi berbagai produk olahan susu. Mulai dari minuman susu aneka rasa, minuman yogurt, ragam keju seperti chevre cheese, chevre black pepper cheese, hingga yogurt cheese.

Untuk aneka minuman hasil olahan susu kambing yang cair seperti susu aneka rasa dan juga yogurt ukuran 250ml hanya dibanderol seharga Rp10.000, lalu susu bubuk untuk ukuran 250gram hanya seharga Rp35.000.

Lalu untuk olahan keju, yoghurt cheese dan chevre cheese original yang dibuat dari susu kambing segar per 200gram nya hanya dijual seharga Rp60.000, chere black papper cheese yang menjadi favorit para wisatawan dari benua Eropa yang bertandang ke Lumajang, cuma dibanderol Rp65.000 untuk ukuran 200gram. Lalu, bahkan ada juga keju Mozarella yang diolah dari susu sapi yang bisa dibeli dengan harga Rp35.000 saja untuk ukuran 250 gram.

Menariknya, di tempat satu ini para pengunjung yang datang tidak hanya bisa membeli dan menikmati langsung berbagai produk hasil olahan susu kambing etawa Senduro di saung-saung gubukan kayu yang klasik yang ditempatkan di sebuah taman hijau mini. Akan tetapi para pengunjung yang datang, bahkan juga bisa melihat secara langsung peternakan kambing etawa Senduro dan juga proses pemerahan susu kambing secara langsung. Pengalaman bersantap susu kambing yang sangat menarik bukan?

Nah maka dari itu, jika ingin merasakan sensasi berbeda menyantap varian olahan susu kambing etawa sembari melihat peternakannya langsung. Segera jangan lupa untuk memasukkan tempat satu ini sebagai salah satu daftar destinasi wisata Anda ketika berkunjung ke Lumajang.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini