Ragam Jenis Jeruk Lokal yang Penuh Khasiat, Jeruk Sambas Jadi Andalan

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 13 November 2017 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 13 298 1813316 ragam-jenis-jeruk-lokal-yang-penuh-khasiat-jeruk-sambas-jadi-andalan-3ejCADEvU7.jpg

INDONESIA kaya akan tananam buah lokal yang berkhasiat bagi kesehatan. Salah satunya ialah jeruk yang punya banyak jenis.

Siapapun pasti suka makan jeruk yang pasti mudah ditemui di mana saja. Tahukah Anda, ada tiga jenis jeruk lokal yang rasanya manis dan segar. Antara lain yakni jeruk sambas atau dikenal dengan jeruk pontianak, jeruk madu susu dan jeruk siam.

Semua jenis jeruk itu kaya vitamin C yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Anda diperbolehkan untuk mengonsumsinya setiap hari.

Kepala Dinas Pertanian Musanif mengatakan, banyak jenis jeruk lokal yang diandalkan untuk menjaga kesehatan. Tapi sayang tingkat konsumsi buah di masyarakat tergolong rendah.

Padahal setiap hari, masyarakat harus memenuhi kebutuhan serat dan vitamin seperti yang dikandung oleh buah jeruk. Karenanya, dia mensosialisasikan betapa pentingnya makan jeruk untuk mendukung kesehatan.

“Dari segi kesehatan, kami ingin membantu pemenuhan gizi masyarakat dengan memanfaatkan buah lokal, karena itu kami bawa jeruk lokal Sambas ini untuk membantu mensosialisasikannya,” kata Musanif, ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan RI, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/11/2017).

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-53, pemerintah mensosialisasikan betapa pentingnya masyarakat untuk konsumsi buah-buahan. Apalagi masyarakat harus memilih beragam jenis buah lokal yang berkhasiat.

BACA JUGA:

Sudah Olahraga tapi Diabetes Tak Kunjung Sembuh? Olahraga yang Dipilih Ternyata Salah!

Inspiratif! Punya Satu Kaki dan Tangan, Veteran Amerika Ini Berhasil Jadi Atlet Binaraga

Frustasi! "Pria Berkepala Dua" Berharap Tidur dan Tak Bangun Lagi

Mengerikan, Bayi di Pemekasan Alami Penyakit Langka, Kulitnya Menghitam dan Melepuh

"Masyarakat harus banyak makan buah-buahan atau sayuran yang ada di daerahnya, sehingga kesehatan masyarakat jadi meningkat," pungkasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini