Bangga Banget, Ada Jalan Bernama Soekarno di Berbagai Negara, Yuk Tengok Dimana Saja!

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 13 November 2017 10:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 13 406 1812969 bangga-banget-ada-jalan-bernama-soekarno-di-berbagai-negara-yuk-tengok-dimana-saja-hwE4Ay31As.jpg Nama Jalan Soekarno (Foto: Sabra Sathilla/Kontributor)

NAMA Bung Karno abadi di beberapa negara di dunia, lihat saja ada nama jalan Soekarno di berbagai belahan negara. Tentunya hal ini tak lepas dari hubungan baik antar negara yang telah dijalin serta berkat jasa beliau saat menjabat sebagai presiden pertama Indonesia. Tak cuma membanggakan masyarakat Indonesia, tempat - tempat bernama Soekarno ini juga menarik untuk dikunjungi saat traveling keluar negeri. Yuk intip dimana saja lokasinya!

Mesir

Saat Bung Karno memimpin Indonesia, Indonesia memiliki hubungan yang dekat dengan Mesir. Mesirlah yang pertama kali mengakui kedaulatan Indonesia sebagai negara merdeka. Bung Karno saat itu berkawan dengan presiden Mesir Gammal Abdul Nasser dan keduanya memprakarsai Konferensi Asia - Afrika untuk melawan imperialisme dan neokolonialisme.

Bung Karno tercatat mengunjungi Mesir sebanyak 6 kali. Namanya pun harum di mata rakyat Mesir hingganya namanya diabadikan menjadi nama jalan di sebuah area di Mesir. Hanya disini namanya bukan hanya Soekarno tapi Ahmed Soekarno street. Penambahan nama ini dilakukan oleh para mahasiswa Indonesia di Mesir agar terlihat lebih islami sehingga menarik perhatian masyarakat Mesir. Juga seragam dengan wakil presiden Mohammad Hatta yang namanya diawali dengan kata Mohammad.

Jalan Ahmed Soekarno di Mesir terletak bersebelahan dengan jalan Sudan, di daerah Kit-Kat Agouza Geiza. Jalan ini bisa dicapai dari kawasan mahasiswa di al-Hay al-Asyir (sektor 10) Madinat al-Nashr (Nasr city) dengan naik bus hijau nomor 109 dan 167.

Maroko

Maroko juga menghargai jasa Bung Karno sebagai pemrakarsa Konferensi Asia - Afrika. Ide Bung Karno akan negara yang mandiri dan menolak penjajahan gaya baru yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet rupanya disambut hangat oleh negara-negara yang baru merdeka seperti Maroko. Tak heran bila Maroko akhirnya menghadiahi Bung Karno dengan nama jalan berdasar namanya di ibukota Maroko, Rabat.

Nama jalannya adalah 'Sharis Al-Rais Ahmed Sukarno' yang kini dikenal dengan nama Rue Soukarno. Jalan ini terletak berdekatan dengan kantor pos pusat Maroko. Tak cuma Rue Soukarno, ada juga Rue de Bandoeng dan Rue de Jakarta di Maroko. Sebagai bentuk persahabatan kedua negara, dinamailah sebuah jalan di Jakarta dengan nama jalan Casablanca, yang diambil dari nama sebuah kota yang terkenal di Maroko. Kalau traveling ke Maroko jangan lupa foto di Rue Soukarno ya !

Pakistan

Traveling ke Pakistan mungkin tak mudah karena negara ini masih dilanda konflik dengan Taliban. Tapi bila berkunjung ke negara Asia Selatan ini cobalah mengunjungi Soekarno Square Kyber Bazar (Soekarno Chowk) di kota Peshawar dan Soekarno Bazar di kota Lahore.

Kedua tempat tersebut dinamai berdasar nama Bung Karno sebagai penghargaan atas jasanya mengirim TNI AL untuk berpatroli di laut selatan Pakistan saat konflik antara Pakistan dan India memanas pada tahun 1965. Pakistan kemudian membalas jasa Indonesia dengan menahan seluruh pesawat Belanda yang singgah di Pakistan saat dalam perjalanan akan menyerang Indonesia pada tahun 1947.

Saat rombongan sekutu mulai ikut ambil bagian menyelesaikan perselisihan antara Indonesia dengan Belanda setelah kemerdekaan tahun 1945, tentara Pakistan yang ikut rombongan sekutu menolak ketika diperintahkan menyerang Surabaya pada November 1945. Mereka justru berperang di sisi Indonesia hingga 500 tentara Pakistan gugur. Indonesia kemudian memberikan medali Independence War Awards kepada tentara Pakistan.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini