Image

Pohon Soekarno, Kebanggaan Masyarakat Indonesia Saat Pergi Haji

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 13 November 2017, 10:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 13 406 1813012 pohon-soekarno-kebanggaan-masyarakat-indonesia-saat-pergi-haji-Yg4IvddGbY.jpg

Presiden Soekarno terus berjasa mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional hingga kini. Namanya abadi di beberapa tempat di berbagai belahan dunia.

Di Arab Saudi, ada jenis pohon yang dikenal sebagai pohon Soekarno. Pohon-pohon yang ditanam di sekitar padang Arafah ini berfungsi meneduhkan padang Arafah dan membantu mengurangi suhu panas saat para jemaah haji melaksanakan wukuf di Arafah. Tak cuma ditanam di sekitar padang Arafah, pohon Soekarno juga banyak ditanam di berbagai sudut kota Makkah, Madinah dan Jeddah

Keberadaan pohon Soekarno berawal saat presiden pertama Indonesia ini berkunjung ke Arab Saudi pada 1955. Saat melaksanakan ibadah haji, Soekarno lalu membawa pohon mindi dan memperkenalkannya ke masyarakat Arab yang terkenal keras.

(Baca Juga: Sudah Olahraga tapi Diabetes Tak Kunjung Sembuh? Olahraga yang Dipilih Ternyata Salah!)

Pohon yang dibawa Soekarno diharapkan bisa mengurangi suhu panas di beberapa titik di kota - kota di Arab Saudi sekaligus meneduhkan dan menghijaukan kota. Tak cuma membawa bibit, Soekarno juga mendatangkan ahli tanaman dari Indonesia untuk mengembangbiakkan tanaman yang memang cocok tumbuh di daerah tandus itu.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini