Image

Jadi Perbincangan, Patung Hitler Tak Lagi Dipajang di De Arca Museum Yogyakarta

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Senin 13 November 2017, 11:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 13 406 1813039 jadi-perbincangan-patung-hitler-tak-lagi-dipajang-di-de-arca-museum-yogyakarta-mJZPFqk1QQ.jpg

PATUNG pemimpin Nazi Adolf Hitler kini sudah tak terlihat di display De Arca Museum, Yogyakarta, menyusul protes dari para pegiat HAM. Padahal, sebelumnya patung tersebut ditampilkan dengan latar foto kamp konsentrasi di Auschwitz-Birkenau Polandia

"Sudah kami hilangkan dari display museum," ujar Jamiy Misbah, manajer operasional De Arca Museum Yogyakarta, akhir pekan kemarin.

Selain memindahkan patung, manajemen museum juga menyampaikan permohonan maaf kepada pihak yang merasa tersinggung.

"Kami mohon maaf, dan bukan bermaksud tidak menghormati atau tidak menghargai pihak-pihak tertentu. Dengan permohonan maaf ini, kami tidak akan men-display kembali patung Hitler di De Arca Museum, karena ini sensitif sekali," kata dia.

Jamiy mengaku manajemen Museum langsung memindahkan patung Hitler setelah maraknya pemberitaan di media sosial yang memberitakan pendapat dari Simon Wiesenthal Center yang merasa kecewa dengan pihak museum karena memajang patung Hilter. Simon Wiesenthal Center merupakan lembaga perlindungan hak asasi warga Yahudi di seluruh dunia dan menolak gerakan anti-semit.

"Pada saat pemberitaan mencuat dan ramai, kami langsung mengambil patungnya dan melepas semua yang berbau Hitler, termasuk backdropnya," kata Jamiy.

(Baca Juga: Sudah Olahraga tapi Diabetes Tak Kunjung Sembuh? Olahraga yang Dipilih Ternyata Salah!)

Menurut dia, patung Hitler yang dibuat pematung asal Yogyakarta itu, sudah ada di De Arca Museum sejak 2014, dan belum pernah ada yang mengkritik atau meminta manajemen museum untuk menghilangkannya. "Baru Simon Wiesenthal Center yang keberatan," kata dia.

Jamiy menambahkan, konsep De Arca Museum adalah edutaiment, dan para pengunjung dapat belajar tentang profil patung yang dipajang dan sekaligus bisa berfoto bersama patung-patung tersebut.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini