Image

Hore! Kebun Raya Bogor Punya Wahana Baru dari Amerika Serikat

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Senin 13 November 2017, 19:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 13 406 1813366 hore-kebun-raya-bogor-punya-wahana-baru-dari-amerika-serikat-15r3J1q7DA.jpg

WISATA alam Kebun Raya Bogor (KRB) memiliki wahana pendidikan baru yang bernama Ecodome. Wahana tersebut didatangkan langsung dari Philadelphia, Amerika Serikat berkat kerjasama antara Kedutaan Belanda dan Erasmus Huis.

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI, Didik Widyatmoko mengatakan, Edocome merupakan wahana pendidikan lingkungan yang didalamnya juga terdapat pameran lingkungan dan iptek, ekosistem, seni, musik dan budaya.

"Edocome ini adalah sebuah miniatur lingkungan yang mengibaratkan manusia harus menyelaraskan keberadaannya dengan alam sekitarnya. Jadi banyak yang bisa kita lakukan dengan tanaman di kota, tidak harus di hutan," kata Didik, Senin (13/11/201).

Didik menambahkan, wahana Ecodome ini telah dikembangkan oleh Nico Wissing dan Lodewijk Hoekstra dari NL Greenlabel, yang bertugas di Kementerian Urusan Ekonomi dan para peneliti di Fakultas Teknik Universitas Delft sejak 10 tahun lalu.

"Setelah bertahun-tahun, akhirnya Ecodome tumbuh menjadi sebuah oasis yang inovatif. Di sini terdapat tanaman-tanaman yang ditata sedemikian rupa sehingga memberi nilai artistik" jelas Didik.

Keberadaan Edocome ini juga sebagai bentuk hadiah memperingati 200 tahun Kebun Raya Bogor yang dapat dinikmati pengunjung selama satu tahun ke depan yakni dari November 2017-November 2018. 

BACA JUGA:

Sudah Olahraga tapi Diabetes Tak Kunjung Sembuh? Olahraga yang Dipilih Ternyata Salah!

Inspiratif! Punya Satu Kaki dan Tangan, Veteran Amerika Ini Berhasil Jadi Atlet Binaraga

Frustasi! "Pria Berkepala Dua" Berharap Tidur dan Tak Bangun Lagi

Mengerikan, Bayi di Pemekasan Alami Penyakit Langka, Kulitnya Menghitam dan Melepuh

"Nanti banyak performance yang dilakukan disini untuk memikat pengunjung. Bisa dari iptek LIPI kita hadir kan disini untuk menyampaikan pendidikan terkait lingkungan yang lebih variatif dan inovatif. Tapi itu nanti secara bertahap," tandasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini