Image

Akhir November, Sabang Sajikan Parade Kapal Layar

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 13 November 2017, 22:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 13 406 1813471 akhir-november-sabang-sajikan-parade-kapal-layar-HhzjedJje7.jpg Parade Sail (Foto: Themercury)

SABANG dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer untuk wisata bahari. Titik ujung barat Indonesia ini juga menjadi salah satu jalur wisata kapal layar (yacht) yang berkunjung ke Indonesia.

Jika ingin menyaksikan parade kapal layar di Sabang, Anda bisa mengunjungi kota ini pada 28 November hingga 5 Desember mendatang. Pasalnya, akan digelar Sail Sabang 2017.

Sail Sabang ini merupakan rangkaian dari Sail Indonesia yang dimulai dengan Sail Bunaken 2009 dan terakhir Sail Selat Karimata 2016. Tahun ini, Sail Sabang tampil dengan tema Trail of Sea Civilization. Presiden Joko Widodo pun dijadwalkan akan membuka acara ini yang akan berlangsung di Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3.

Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Irwandi Yusuf berharap, Sail Sabang dapat menjadikan Sabang sebagai destinasi wisata bahari kelas dunia serta mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Sabang yang berada di kepulauan terdepan Indonesia.

Namun selain itu, Irwandi juga berharap event ini bisa mendorong pembangunan di Aceh.

"Event Sail Sabang tidak hanya untuk mempromosikan wisata ke Aceh. Tetapi juga sebagai wahana untuk mendorong percepatan pembangunan Aceh," jelas Irwandi Yusuf di Jakarta baru-baru ini.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Sabang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari. Hal ini karena potensi alam dan lokasinya yang strategis, sehingga setiap tahun disinggahi puluhan kapal pesiar (cruise) maupun kapal yacht dari mancanegara.

“Di kalangan wisatawan penggemar marine tourism, Sabang dikenal sebagai destinasi favorit karena para traveller bisa melakukan berbagai aktivitas antara lain diving, snorkeling, fishing, sun-beaching, dan kegiatan wisata bahari lainnya dengan spot-spot yang menarik,” ujar Arief Yahya.

Ia juga menjelaskan, tahun lalu kapal pesiar yang singgah di Sabang mencapai 10 dengan membawa 6.137 wisatawan mancanegara per November 2016. Sementara itu, kunjungan total wisman tahun lalu dari wisata bahari (yacht, cruise, dan diving) mencapai 9.763.

“Event Sail Sabang 2017 akan menjadi momentum untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisman ke Sabang,” kata Arief Yahya.

Irwandi juga menjelaskan, tema Trail of Sea Civilization diambil untuk mengingatkan kembali kepada dunia bahwa Sabang pernah menjadi titik temu peradaban berbagai bangsa. Mulai dari Arab, China, Eropa, dan India.

“Sabang juga pernah sebagai titik tolak peziarah haji ke Makkah, dan dalam perjalanannya akan menjadi pelabuhan singgah masa perdagangan dunia hingga poros maritim dunia,” pungkas Irwandi Yusuf.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini