nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Olahraga tapi Diabetes Tak Kunjung Sembuh? Pantes Olahraga yang Dipilih Salah!

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 13 November 2017 08:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 13 481 1812947 sudah-olahraga-tapi-diabetes-tak-kunjung-sembuh-pantes-olahraga-yang-dipilih-salah-2AIhvKVieh.jpg Olahraga Sepeda (Foto: Livestrong)

OLAHRAGA memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Olahraga juga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes. Karena dengan berolahraga dapat meningkatkan sensitivitas pada insulin.

Namun, tidak semua jenis olahraga baik untuk penderita diabetes. Hal itu diungkap oleh Dr. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo. Olahraga yang mengandalkan fisik berat atau berisiko cedera (high impact) justru malah menghabiskan fisik si penderita.

Terlebih, sambungnya, jika menjalankannya tidak konsisten. Sebab olahraga berat biasanya paling banyak dilakukan satu kali dalam sepekan. Penderita diabetes yang rata-rata berusia lanjut (45 tahun ke atas), tidak memungkinkan berolahraga seperti sepak bola, tinju, atau nge-gym.

"Olahraga yang ringan-ringan saja. Penderita diabetes disarankan berolahraga low impact, sebab yang dibutuhkan adalah konsistensinya," ujar dokter Em kepada Okezone saat ditemui di kawasan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, kemarin.

Ada pun jenis olahraganya adalah aerobic, jalan, renang, yoga, senam, dan lari pagi. Jenis olahraga tersebut dapat membakar kalori dan membantu memperbaiki resistensi insulin yang tidak peka menjadi lebih peka.

Lebih lanjut ia menyebut durasi olahraga yang diperlukan untuk penderita diabetes. "Seminggu 150 menit. Durasinya seminggu tiga kali," cetusnya.

Selain berolahraga, penderita diabetes disarankan untuk lebih menjaga pola makan (kurangi asupan gula atau makanan yang manis-manis), rajin minum obat, dan rutin periksa ke dokter.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini