nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Efek Samping Diet Yoyo Bisa Memicu Serangan Jantung dan Stroke!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 13 November 2017 12:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 13 481 1813037 hati-hati-efek-samping-diet-yoyo-bisa-memicu-serangan-jantung-dan-stroke-K2X9DD03nJ.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

ANDA perlu berhati-hati dengan diet Yoyo. Karena, jenis diet ini terkait dengan segala jenis macam kondisi masalah jantung yang tidak Anda miliki sebelumnya.

Orang yang mengalami diet Yoyo lebih cenderung memiliki tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian baru mengungkapkan, kondisi tersebut dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke yang fatal.

Periset American Heart Association melihat efek dari 5 gaya hidup sehat yang berbeda, dan menemukan salah satu dari mereka-menjaga berat badannya dengan sehat-membuat perbedaan yang lebih besar daripada 4 lainnya. Penelitian ini diikuti 4.630 orang selama 25 tahun, mulai dari tahun 1985-1986.

Pilihan gaya hidup lainnya yang peneliti lihat adalah menahan diri dari merokok, sedikit minum alkohol, berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Tapi, ini tidak memengaruhi tekanan darah partisipan secara positif seperti menjaga berat badan yang sehat.

Penelitian ini adalah yang pertama meneliti efek diet Yoyo dalam rentang waktu yang lama. Selama penelitian, peneliti mengukur tekanan darah dan mencatat rincian gaya hidup pada 8 kesempatan yang berbeda.

Pada saat itu, tidak banyak peningkatan tekanan darah pada peserta yang menahan diri dari merokok dan mengonsumsi sedikit atau tanpa alkohol. Namun, perbaikan tekanan darah terbesar terjadi pada peserta yang mempertahankan berat badan tetap sehat-terlepas dari kebiasaan mereka yang lain.

Anehnya, tetap aktif secara fisik dan mengonsumsi makanan sehat tidak memengaruhi tekanan darah. Tekanan darah tinggi dikenal sebagai silent killer karena menimbulkan sedikit gejala serangan jantung dan stroke.

Sekira 16 juta orang di Inggris atau 1 dari 4 orang dewasa menderita karenanya. Sekira 62.000 kematian yang tidak perlu akibat stroke dan serangan jantung terjadi karena tekanan darah tinggi, yang berarti sekira 170 orang meninggal setiap hari.

Peneliti Dr John Booth, dari Alabama University Amerika Serikat mengatakan, temuan baru tersebut menunjukkan, konsistensi adalah kunci dalam diet Anda. Selain itu, orang perlu lebih memperhatikan untuk mencoba menjadi sehat setiap hari.

"Hasilnya memberikan bukti bahwa apa yang mungkin ingin kita lakukan adalah fokus pada bagaimana dapat menciptakan intervensi untuk memungkinkan individu mempertahankan berat badan normal selama masa hidup mereka," pungkas Dr Booth.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini