Image

Bikin Enggak Pede, Ini Penyebab Flek Hitam di Wajah

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 14 194 1813884 bikin-enggak-pede-ini-penyebab-flek-hitam-di-wajah-OgHQfWAe4q.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

SALAH satu hal yang bisa menurunkan kadar kepercayaan diri seseorang ialah adanya flek hitam di wajah. Flek hitam atau yang disebut ephelis adalah bercak yang berwarna lebih gelap daripada warna kulit.

Selain di wajah, flek hitam juga bisa muncul di area lain, seperti lengan, leher, dada, dan lain-lain. Flek hitam cenderung mudah terlihat oleh orang yang berkulit cerah. Bercak gelap itu pun dapat dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun pria.

Namun, sebenarnya apa, sih, yang membuat flek hitam turut eksis di kulit wajah?

Penyebab munculnya flek hitam di wajah dikarenakan oleh paparan sinar ultraviolet yang langsung mengenai lapisan kulit. Pada umumnya, sinar ultraviolet yang dihasilkan dari cahaya matahari memberi banyak manfaat bagi tubuh, seperti memberi vitamin D dan mencegah risiko kanker.

Namun di sisi lain, sinar ultraviolet juga memberi dampak negatif, salah satunya membakar kulit, sehingga menimbulkan flek hitam. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, lebih baik menggunakan tabir surya dulu sebelum berpergian keluar rumah.

Selain itu, penyebab lainnya ialah polusi udara. Seseorang yang tinggal di kota metropolitan tentunya lebih berisiko terhadap flek hitam. Pencemaran udara memaksakan sel tubuh untuk bekerja ekstra dalam memproduksi antioksidan dan melepas melanin dalam kadar berlebih untuk melawan kerusakan pada kulit, sehingga kulit menjadi iritasi dan muncul flek hitam.

Flek hitam juga bisa terjadi karena hormon yang tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit. Hiperpigmentasi merupakan suatu kondisi di mana zat melanin mengalami peningkatan.

Hormon yang berperan dalam kemunculan flek hitam ialah hormon estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). Ketidakseimbangan hormon ini pun disebabkan oleh haid, hamil, dan lain-lain.

Adapun faktor penggunaan obat-obatan juga turut memengaruhi keberadaan flek hitam. Seseorang yanag kerap menggunakan obat-obatan seperti difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatikdan minosiklin menyebabkan flek hitam bisa muncul, termasuk pil KB.

Flek hitam pun bisa muncul tak luput dari keturunan gen. Penelitian menunjukkan faktor genetik memengaruhi adanya flek hitam sekira 20% sampai 70%.

Dalam mengantisipasi keberadaan flek hitam di wajah, seseorang bisa menyamarkan bercak tersebut dengan polesan kosmetik serta menggunakan krim pemutih. Dilansir dari perfectbeauty.id, Selasa (14/11/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini