Image

Surganya Pencinta Buku! Perpustakaan Kekinian Ini Punya 1,2 Juta Judul Buku yang Siap Manjakan Anda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 17:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 196 1813823 surganya-pencinta-buku-perpustakaan-kekinian-ini-punya-1-2-juta-judul-buku-yang-siap-manjakan-anda-W7Dr6kWZnJ.jpg Perpustakaan di China (Foto: Dailymail)

APA yang ada di benak Anda ketika mendengar kata perpustakaan? Tempat sepi yang di dalamnya banyak buku dan beberapa banyak debu dan sedikit menakutkan.

Persepsi zaman old seperti itu harusnya Anda buang jauh-jauh. Pasalnya, perpustakaan sekarang sudah semakin modern. Buku-buku yang tertata di rak tidak lama bersifat kaku. Perpustakaan zaman now bangunannya pun dirancang oleh arsitektur kenamaan yang berani mengubah konsep.

Seperti yang ada di Tiongkok. Perpustakaan Umum Binhai Tianjin yang letaknya di timur utara laut China itu kini menjadi sorotan mata dunia. Sebab, perpustakaan tersebut tidak hanya mengusung konsep modern, tetapi juga out of the box. Pasalnya, tidak akan ada yang menyangka kalau perpustakaan bisa dibangun dengan bentuk menyerupai mata manusia.

Ya, perpustakaan itu memiliki lima lantai dengan setiap lantainya ada ciri khas yang menarik untuk dikulik dan bisa juga menjadi area foto mereka-mereka pencari angle foto ciamik!

Arsitektur yang berhasil menciptakan perpustakaan modern nan kekinian itu adalah cutting-edge architevtural. Belum lama ini, perpustakaan yang mengusung konsep mata manusia tersebut minggu ini baru saja diresmikan oleh MVRDV. Butuh waktu 3 tahun untuk akhirnya bisa membuat mahakarya yang sulit ditiru tersebut.

Pemilihan lokasinya sendiri di Tianjin ternyata sejalan dengan konsep kota yang mengusung kompleks budaya. Jadi, adanya perpustakaan di kawasan tersebut tentunya sangat bermanfaat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mampir atau berwisata ke wilayah tersebut.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (14/11/2017) perpustakaan bercat putih itu memiliki luas bangunan sekitar 362.744 meter persegi. Ada di dalamnya adalah rak bertingkat yang dibangunan di dinding tempat mereka, para pembuatnya, menciptakan tangga sekaligus. Tak hanya tangga, tempat duduk pun diciptakan di antara rak perpustakaan. Jadi, ketika Anda duduk di salah satu area duduk, itu seperti Anda sedang berada di antara rak bukunya.

Sedikit informasi, bangunan keren tersebut kini sudah memiliki koleksi buku sebanyak 1,2 juta judul buku. Hal tersebut menjadikan bangunan tersebut sebagai surganya pencinta buku, termasuk di dalamnya mereka para penikmat buku lama yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini