nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wajib Baca! 6 Fakta Kopi Mungkin Belum Anda Tahu

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Selasa 14 November 2017 12:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 298 1813717 wajib-baca-6-fakta-kopi-mungkin-belum-anda-tahu-4PzlEIm2Gk.jpg Fakta tentang kopi (Foto:Shutterstock)

SIAPA yang tidak tahu kopi? Minuman yang dipercaya sebagai penghilang rasa kantuk ini sangat populer di kalangan masyarakat. Meminum kopi menjadi gaya hidup baru bagi generasi milenial. Kedai-kedai kopi yang menjamur di setiap sudut kota menjadi bukti bahwa minuman ini memiliki banyak penggemar setia.

Di balik kepopuleran kopi, ada baiknya untuk mengetahui fakta-fakta yang jarang diketahui, di antaranya sebagai berikut.

BACA JUGA:

Fantastis! 3 Buah Truffle Putih Ini Terjual Lebih dari Rp1,1 Miliar!

Efek kopi kali pertama ditemukan pada kambing

Dilansir dari livescience.com, saat itu pengembala kambing di Euthopia sedang menggiring kambing mereka ke daerah yang dipenuhi oleh tanaman kopi. Sesampai di sana, kambing-kambing gembala itu pun memakan tanaman kopi dan berubah menjadi lincah dan gesit layaknya seperti sedang menari.

Minuman terpopuler ke-2 setelah air mineral

Menurut penelitian, hampir 1,4 miliar gelas kopi habis diminum dalam sehari. Seperti yang dilansir dari buzzfeed.com, masyarakat New York meminum kopi hampir tujuh kali dalam sehari. Hal tersebut membuktikan bahwa kopi merupakan minuman yang paling populer dikonsumsi dunia.

Kopi dapat membakar lemak

Seperti yang umum diketahui, kafein merupakan zat psikoaktif yang terkandung dalam kopi. Kafein inilah yang dipublikasikan sebagai suplemen yang dapat membakar lemak. Kafein menstimulasikan sistem syaraf yang memberi pesan kepada jaringan lemak untuk memecahkan lemak.

Kopi mengurangi risiko penyakit hati

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa meminum secangkir kopi dapat mengurangi risiko kanker hati dan gagal hati sebanyak 40%. Selain itu, diklaim dari negara Eropa, secangkir kopi dalam sehari juga bisa mengurangi penyakit diabtes sebanyak 25%.

Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar

Pada abad ke-17, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar ke-4 setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Kopi Indonesia terkenal dengan sebutan kopi Jawa (Java coffee). Tanaman kopi pertama yang tumbuh di Indonesia ialah arabika, namun karena sering diserang penyakit, bibit kopi baru berganti menjadi robusta. Hingga kini, kopi-kopi yang sering disantap ialah kopi jenis robusta.

BACA JUGA:

Bangun Tidur di Pagi Hari Langsung Minum Air Putih, Ini 5 Manfaatnya!

Ada Hari Kopi Nasional

Kementrian Perindustrian (Kemenperin) menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kopi Nasional dalam rangka meningkatkan ekspor kopi Indonesia ke pasar internasional. Selain itu, penetapan Hari Kopi Nasional juga dikarenakan oleh faktor maraknya minum kopi sebagai gaya hidup baru di kalangan masyarakat Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini