nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moto Maling, saat Kulit Melinjo Jadi Camilan Gurih atau Pedas Manis

Agregasi Solopos, Jurnalis · Rabu 15 November 2017 07:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 14 298 1813946 moto-maling-saat-kulit-melinjo-jadi-camilan-gurih-atau-pedas-manis-NJ1raTN4Q0.jpg Moto maling camilan khas Solo (Foto:JIBI)

JAJANAN  khas Solo satu ini namanya moto maling. Warnanya merah dan rasanya pedas. Dalam bahasa Jawa, moto maling berarti mata pencuri. Namun moto maling yang ini adalah camilan tradisional terbuat dari kulit melinjo.

Camilan tersebut dapat ditemui salah satunya di lapak jajanan tradisional di sekitar gerbang utama bangunan Pasar Gede Solo sisi timur. Moto maling dijual dengan harga sekitar Rp10.000 per bungkus. Terdapat dua jenis rasa ditawarkan, yaitu original dan pedas manis.

Susana, salah satu pedagang jajanan di Pasar Gede Solo, mengaku memproduksi sendiri beberapa jenis jajanannya, salah satunya moto maling. Dia menerangkan moto maling dibuat dengan bahan baku kulit melinjo, sedangkan biji melinjo dibikin emping.

BACA JUGA:

Wajib Baca! 6 Fakta Kopi Mungkin Belum Anda Tahu

“Moto maling memiliki rasa yang tidak pahit, tidak seperti emping,” kata dia saat ditemui di Pasar Gede Solo.

Moto maling memiliki tekstur renyah. Tekstur tersebut didapatkan dari cara penggorengan dengan api kecil dalam waktu cukup lama. “Kulit melinjo itu kan bahan basah. Kalau digoreng dengan api besar, akan gosong sebelum kering. Jadi harus dengan api kecil dan dilakukan cukup lama,” kata dia.

Setelah digoreng, kulit melinjo kemudian ditiriskan selama sehari. Hal itu untuk memastikan semua minyak di dalamnya hilang. Setelah kering, kulit melinjo yang sudah digoreng garing baru dimasak lagi dengan bumbu untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.

BACA JUGA:

Fantastis! 3 Buah Truffle Putih Ini Terjual Lebih dari Rp1,1 Miliar!

Dia menyeut Aada dua jenis rasa moto maling, yaitu asin dan pedas manis. Rasa pedas manis didapatkan dari garam dan penyedap rasa. Sedangkan untuk pedas manis didapatkan dari bumbu berupa cabai, gula merah, dan garam. “Gula dimasak dulu hingga encer dan pekat, baru kulit melinjo dimasukkan dan dicampur,” kata dia.

Menurutnya camilan moto maling merupakan camilan kha Solo yangg sudah ada sejak tempo dulu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini