Image

Menawan bak Istana, Museum Vatikan Pamerkan Lukisan Karya Leonardo Da Vinci

Dada Sathilla, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 14:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 14 406 1813781 menawan-bak-istana-museum-vatikan-pamerkan-lukisan-karya-leonardo-da-vinci-viuh6jRBGr.jpg Museum Vatikan (Foto:Ist)

TERLETAK di sebelah utara St.Peter's Basilica, museum Vatikan masih berada di dalam komplek Vatikan yang merupakan negara terkecil di dunia. Meski bentuknya negara, untuk masuk ke Vatikan tak perlu menunjukkan paspor dan melalui pemeriksaan imigrasi.

Pengunjung bisa datang langsung dari arah Roma. Waktu terbaik mengunjungi museum Vatikan barangkali setelah mengunjungi St. Peter's Basilica karena letaknya yang berdekatan.

Untuk mengunjungi museum Vatikan perlu membeli tiket masuk sebesar 16 euro atau sekitar Rp252.600. Tak murah memang, namun sebanding dengan banyaknya koleksi seni yang ada di museum super luas ini. Museum Vatikan juga berukuran sangat luas sehingga diperlukan waktu minimal 3 jam untuk menjelajahi bagian dalamnya.

 

Museum Vatikan dibentuk pada tahun 1506 saat Paus Julius II berniat mengumpulkan koleksi patung klasik paling terkenal di dunia dan karya seni Renaissans yang terpenting di dunia. Proses pengumpulan karya seni ini terus berlangsung di setiap masa pemerintahan masing - masing Sri Paus hingga tercipta 54 galeri di dalam museum yang memajang karya seni yang berbeda di setiap galerinya.

BACA JUGA:

Fantastis! 3 Buah Truffle Putih Ini Terjual Lebih dari Rp1,1 Miliar!

Salah satu galeri yang patut dikunjungi adalah Museo Pio-Clementino yang dinamai berdasar nama paus yang berjasa melengkapi koleksi galeri ini yaitu Pius VI dan Clement XIV. Galeri ini menyimpan banyak karya seni antik dan Renaissans. Selain itu juga bisa dilihat karya seni Yunani dan Romawi serta minatur Pantheon di galeri ini.

 

Penggemar seni modern juga bisa mengunjungi galeri koleksi seni relijius modern yang memajang karya - karya Vincent Van Gogh, Paul Gauguin dan Salvador Dali. Sedangkan bermacam artefak dari zaman Mesir kuno dipajang di Museo Gregoriano Egiziano. Selain berbagai karya seni, museum Vatikan juga memiliki galeri bernama Vatican historico museum yang memajang potret para Paus dari abad ke-16 hingga sekarang. Termasuk juga kereta, motor dan mobil yang digunakan Paus. Jangan lupa melihat salah satu karya Leonardo Da Vinci yang berjudul St.Jerome in the wilderness di museum ini. Di bagian ujung, pengunjung bisa menikmati keindahan Kapel Sistina yang terkenal dengan lukisan langit-langit karya Michelangelo.

BACA JUGA:

Bangun Tidur di Pagi Hari Langsung Minum Air Putih, Ini 5 Manfaatnya!

Museum Vatikan biasanya sangat penuh pengunjung saat hari senin. Bila anda hendak mengunjunginya sebaiknya pilih hari lain. Membeli tiket secara onlinesebelum hari kedatangan biasanya akan mendapat diskon. Untuk menghindari antrean sebaiknya ambil paket tur dengan guide. Atau bila ingin berkunjung sendiri bisa menyewa audio guide seharga 7 euro atau Rp110.500. Atau bila ingin masuk gratis datanglah saat hari minggu terakhir setiap bulannya karena museum Vatikan dibuka gratis.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini