Image

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Keluarkan Aturan Baru soal Surat Kesehatan, Netizen: "Gunung Diduitin Juga!"

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 15:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 14 406 1813811 taman-nasional-gunung-gede-pangrango-keluarkan-aturan-baru-soal-surat-kesehatan-netizen-gunung-diduitin-juga-UBhOVEIMBM.png Gunung Gede Pangrango (Foto: Mimbar Rakyat)

CUACA yang ada disekitar Jakarta memang sedang tidak pasti. Terkadang cerah dipagi hingga siang, lalu hujan turun sejadi-jadinya pada sore menjelang malam hari. Namun, biarpun begitu kegiatan mendaki gunung tetap dilakukan oleh sebagian pencinta alam.

Mendaki gunung memang jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus bisa dijadikan sebagai liburan yang bisa menyegarkan pikiran setelah rutin bekerja atau menjalani aktivitas sehari-hari. Gunung menawarkan panorama alam yang tidak bisa dibandingkan dengan apapun nilainya di dunia ini.

Keindahan yang tersimpan di puncak gunung membuat siapapun yang pernah melemparkan pandangannya dari atas sana selalu rindu dan ingin kembali menginjakkan kaki di ketinggian. Salah satu gunung yang selalu diminati oleh para pendaki ialah Gunung Gede Pangrango.

Gunung yang berada di Provinsi Jawa Barat tersebut memiliki dua buah puncak kembar, yaitu puncak Gede yang setinggi 2.958 meter di atas permukaan laut dan puncak Pangrango yang tingginya 3.019 meter di atas permukaan laut. Gunung Gede Pangrango cukup diminati oleh banyak pendaki dari dalam provinsi, luar provinsi bahkan luar negeri.

Oleh karena banyaknya peminat pendakian ke puncak kembar, maka jika ada sedikit perubahan terhadap peraturannya, netizen pun pasti tertarik untuk menyimaknya. Termasuk dengan kabar adanya aturan baru terkait dengan surat kesehatan yang jadi syarat pendakian.

Semula, surat kesehatan yang berisi kondisi kesehatan pendaki hanya bisa diperoleh dari Klinik Edelweis yang berada di sekitar kawasan gunung sebelum pendakian, namun dalam aturan yang baru tersebut terdapat pernyataan yang cukup membuat para netizen sekaligus pencinta alam bahagia membacanya.

 

Kabar bahagia yang dibagikan oleh akun instagram @gunungindonesia, Selasa (14/11/2017), menuliskan surat keterangan sehat sebagai salah satu dokumen persyaratan izin pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Mulai 10 November 2017, pendaki harus melakukan pemeriksaan kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat untuk pendakian, sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan SIMAKSI pendakian di TNGGP, surat keterangan sehat tersebut dikeluarkan oleh rumah sakit, klinik dan fasilitas kesehatan yang resmi, tidak mewajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendapat surat keterangan sehat di Klinik Edelweis, sebagaimana surat edaran yang sebelumnya dibagikan.

Membaca dan mengetahui kabar tersebut, netizen yang juga pencandu ketinggian pun mengeluarkan beragam pendapat. Suara mereka keluarkan melalui kolom komentar yang ada diakun instagram @gunungindonesia.

Bunyi komentar yang netizen tuangkan dalam kolom komentar, seperti berikut:

@alichwan mengatakan, "Alhamdulillah...," yang serupa dengan komentar yang diberikan oleh @handayanie.putri, menuliskan, "Alhamdulillah akhirnya." Selain kata syukur, netizen juga ada yang mengeluarkan unek-unek mereka selama aturan yang sebelumnya diterapkan, seperti @rendrajojo yang menuliskan, "Emang enak omzetnya berkurang, gunung diduitin juga." Kalau menurut kamu, aturan yang baru ini bagaimana?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini