nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasihan, Wajah Nenek Ini Tertutupi Tumor Ganas, Begini Penampakannya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 14 November 2017 09:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 481 1813633 kasihan-wajah-nenek-ini-tertutupi-tumor-ganas-begini-penampakannya-GifesHHFj6.jpg Tumor di Wajah Nenek (Foto: Dailymail)

TIDAK ada satu orang pun yang ingin mengidap penyakit serius dalam hidupnya. Begitu juga yang diharapkan nenek berusia 71 tahun asal Filipina ini.

Nenek bernama Editha Dadores itu kini hanya bisa pasrah dengan apa yang sedang menimpanya sekarang. Pasalnya, tumor ganas yang berada di hidungnya kini membesar bahkan sampai menutupi seluruh wajahnya.

Dilansir dari Daily Mail Selasa (14/11/2017), pada awalnya, si nenek mengira kondisi awal penyakitnya hanya masalah sinusitis biasa. Namun, semakin hari pembengkakan yang terjadi di hidungnya semakin parah. Sampai akhirnya dia melakukan pengecekan ulang dan diketahui bahwa rasa nyeri parah yang terjadi di hidungnya itu adalah tumor.

Pada awal kejadiannya, Dadores merasakan nyeri yang teramat besar di bagian hidungnya. Kondisi itu terjadi 4 tahun yang lalu. Dokter pun mendiagnosis dirinya mengalami sinus.

Operasi pun dilakukan pada 2015. Namun, meski dirinya sudah mengonsumsi obat tablet yang disarankan dokter, hidungnya masih saja sakit dan muncul pembengkakan. Sampai akhirnya benjolan itu membesar dan memecahkan tengkorak wajah bagian depan.

Dijelaskan menantunya, Editha Renalyn, 33, Ibu mertuanya itu mulai sakit empat tahun lalu dan ini didiagnosis sinusitis. Para dokter memperingatkan bahwa ini bisa menjadi kanker. "Dan ternyata benar sekali. Wajahnya kini tertutupi tumor yang besar sekali. Kami bahkan sudah sulit mengenali wajah aslinya seperti apa," paparnya.

Renalyn menjelaskan, Dadores sudah lama menjalani pengobatan masalahnya itu. Tapi, tumornya terus membesar. "Tumor yang ada di wajahnya terus membesar sehingga mengubah total penampilannya. Ini seperti moncong, seperti pemakan semut, dan itu tidak baik untuknya," sambung menantunya itu.

Renalyn menambahkan, rasa nyeri yang diderita Dadores katanya sudah tidak parah lagi. Tapi, untuk berbicara, tidur, dan makan adalah kegiatan yang sulit dia lakukan. Sebab, wajahnya sudah sangat rusak dan tengkorak wajah bagian depannya sudah pecah.

Perlu Anda ketahui, tumor hidung adalah tumor non-kanker yang terbentuk pada aspek posterior rongga hidung. Saat tumor ini tumbuh, kadang-kadang bisa menimbulkan reaksi lanjutan dan menyebar ke sinus paranasal atau orbit.

Terkadang, pada beberapa kasus, penyakit ini bisa mengalami transformasi ganas menjadi bentuk agresif kanker yang disebut karsinoma sel skuamosa.

Gejala tumor hidung meliputi:

- Saluran hidung mampet parah, biasanya hanya di satu sisi

- Hidung membengkak tanpa sebab yang pasti

- Infeksi sinus

- Mimisan

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini