Image

Banyak Manfaatnya, 5 Menit Berkuda Sama dengan Anda 15 Menit Jalan Kaki, Lho!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 17:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 14 481 1813827 banyak-manfaatnya-5-menit-berkuda-sama-dengan-anda-15-menit-jalan-kaki-lho-uSOKuStdQy.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

MASYARAKAT Indonesia masih mengaggap olahraga berkuda merupakan olahraganya kelas borju. Tapi, ternyata hal tersebut bukan sebuah kebenaran. Bahkan, yang perlu diketahui adalah berkuda memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bicara mengenai equestrian atau berkuda, sebetulnya siapapun bisa mempelajarai olahraga ini. Baik itu perempuan atau laki-laki, mereka yang berusia muda ataupun sudah lanjut usia. Sebab, olahraga ini benar-benar tidak mengenal gender atau usia, siapa pun yang mau dan punya keinginan yang kuat, ya pasti bisa melakukannya.

Tapi, tahukah Anda kalau olahraga berkuda ini punya segudang manfaat?

Dijelaskan Head Coach Atlet Equestrian Rahmat Natsir, selama 29 tahun dirinya menggeluti bidang olahraga tersebut, banyak manfaat yang bisa dia terima. Mulai dari kebugaran tubuh sampai dengan kesehatan otak.

Pada Okezone, Rahmat coba menjelaskan beberapa manfaat berkuda, antara lain

1. Badan lebih bugar. Hal ini terjadi karena dalam 5 menit Anda berkuda itu sebanding dengan 15 menit Anda berjalan kaki.

2. Mereka yang menggeluti olahraga ini biasanya lebih sabar. Sebab, bounding yang terjadi antara manusia dengan kuda itu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan, mereka yang sudah pro sekalipun sesekali pernah mengalami kegagalan dalam masalah bounding ini. Misalnya, atlet maunya ke kiri, tapi kuda maunya ke kanan. Kalau sudah begitu, jockey harus sabar dan mengontrol diri supaya tetap tenang di atas kuda.

3. Bisa lebih fokus. Ini terjadi karena penunggang kuda tentunya dituntut untuk selalu mawas terhadap segala hal. Apalagi kalau sudah ada di atas kuda. Konsentrasi yang buyar tentunya akan berpengaruh terhadap kemampuan Anda mengendalikan kudanya.

4. Fearness. Ini terjadi kalau atlet sudah dalam kondisi pertandingan. Jadi, setiap kali ingin bertanding, tentunya pikiran difokuskan pada kemenangan. Wajar dong? Tapi, kalau pun gagal, atlet biasanya sudah sangat bisa menerima keadaan, bukannya malah menyalahkan banyak hal.

5. Sebagai terapi. Ya, perlu Anda ketahui bahwa berkuda merupakan salah satu terapi yang bisa digunakan untuk penyembuhan autisme. Tindakan ini biasanya disebut dengan equine theraphy. Hal tersebut terjadi karena mereka yang memiliki “keistimewaan” biasanya akan terstimulus kemampuan emosional, sensorik, dan motoriknya. Dengan begitu, si anak akan lebih fokus dan bisa mengurangi risiko yang bisa memperparah keadaannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini