Image

Jangan Diabaikan, Kaki Mendadak Membiru Bisa Jadi Pembekuan Darah Serius yang Memicu Kematian!

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 17:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 14 481 1813942 jangan-diabaikan-kaki-mendadak-membiru-bisa-jadi-pembekuan-darah-serius-yang-memicu-kematian-Zg64LIZEaY.jpg Kaki mendadak membiru (Foto:Powercapsule)

SECARA tidak sadar, pasti Anda pernah mengalami kaki membiru secara tiba-tiba. Apalagi kalau usai melakukan aktivitas yang berat atau hal lain.

Lucunya, orang banyak yang percaya bahwa kejadian tersebut karena kulit dijilat setan dan faktor lainnya. Anda tidak usah lagi percaya itu, karena ada faktor medis lainnya yang dijelaskan lebih lanjut.

Ketua Perhimpunan Dokter Kardiovaskular Indonesia (PERKI), DR dr Ismoyo Sunu, SpJP(K), FIHA, FASCC mengatakan, dalam kehidupan sehari-hari orang bisa saja mengalami kulit membiru, terutama di daerah kaki. Hal ini terjadi karena pecahnya pembuluh darah mikro, apalagi bagi seseorang berkulit tipis.

BACA JUGA:

Sunat Bebas Nyeri Tanpa Suntik Bisa Dicapai dengan Metode Needle-Free Injection

"Kulit biru terjadi karena pecahnya pembuluh darah mikro yang jadi rapuh. Lalu, menimbulkan warna kebiru-biruan yang sering terjadi pada orang yang kulitnya tipis," kata dr Sunu saat Seminar Medis Jantung "Cardiac Comprehensive Care and Advance Treatment Coronary Disease" bersama RS Awal Bross di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Selasa (14/11/2017).

Tapi ada beberapa tipe kulit membiru di kaki yang bisa dicurigai sebagai sumbatan pembuluh darah arteri. Kalau kondisinya fatal dan dibiarkan, dapat menimbulkan kematian mendadak pada seorang pasien.

Pembekuan darah ini bisa dikenali sebagai emboli paru. Selain kulit membiru, kaki juga tampak membengkak.

Maka sangat disayangkan bila terlambat ditangani dengan cepat, terutama kurang dari 24 jam. Tanpa disadari, masalah ini kerap dialami seseorang, tapi tidak dikenali dengan baik.

"Ada juga sumbatan biru menunjukkan pembekuan darah. Itu kalau pembuluh darah yang nadinya teraba dengan baik bisa ditangani dengan minum obat. Kalau tidak, pasiennya bisa alami amputasi kaki," tuturnya.

BACA JUGA:

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi, Malas Menyusu Salah Satunya

Karenanya pasien harus bisa membedakan terjadinya pembekuan darah akibat pecahnya pembuluh darah mikro biasa atau akibat emboli paru. Lebih spesifik lagi, emboli paru dapat membuat pasiennya mengalami gejala sesak napas, nyeri dada, batuk darah, kaki membengkak dan membiru, serta beberapa gejala lain.

Untuk itu, Anda harus waspada lebih dini bila mengalami kaki membiru secara tiba-tiba. Karena gangguan ini jarang dikenali oleh orang awam, padahal penting tahu akan bahayanya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini