Image

Selain Tanpa Nyeri, Sunat dengan Metode Needle-Free Injection Juga Beri Dampak Positif untuk Psikologis Anak

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 22:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 14 481 1814127 selain-tanpa-nyeri-sunat-dengan-metode-needle-free-injection-juga-beri-dampak-positif-untuk-psikologis-anak-GJKBJv94vO.jpg

PROSESI sunat atau sirkumsisi, meskipun memberikan banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan. Namun, tidak bisa disangkal, bahwa salah satu hukum wajib bagi semua laki-laki Muslim ini memiliki momok yakni rasa sakit yang tak tertahan. 

Di mana rasa sakit tersebut, salah satunya disebabkan karena dilakukannya proses anastesi dengan menggunakan jarum suntik. Well, seiring dengan semakin majunya dunia medis yang ada di Indonesia, kini proses sunat pun bisa dilalui tanpa harus disertai rasa nyeri loh. Yakni dengan menggunakan metode needle-free injection, karena rasa nyeri bisa dihindari  dengan tidak digunakannya jarum suntik yang tajam sebab diganti dengan alat pegas tekanan yang cukup ditembakkan saja di area penis.

Namun tahukah Anda, bahwasanya sunat dengan teknik needle-free injection juga mendatangkan manfaat di sisi lainnya? Yakni dari segi psikologis sang anak sebagai pasien dan juga psikologis kedua orang tua dari sang anak. Seperti yang dituturkan oleh dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS sebagai dokter ahli bedah syaraf berikut ini.

"Manfaatnya selain tanpa nyeri, jelas lebih ke arah psikologis ya, kalau anak menangis saat hendak disunat maka akan timbul rasa trauma, mengapa? Ya karena anak itu merasa takut. Tapi dengan adanya metode ini jadi tidak ada kendala lagi soal rasa takut, dan anak tidak perlu lagi membohongi anak semata-mata hanya untuk membuat anak tidak takut untuk disunat," jelas dr. Mahdian saat dijumpai di Kuningan, belum lama ini. 

Manfaat dalam sisi hal psikologis selain dirasakan oleh anak, juga bisa dirasakan oleh kedua orang tua saat tahu anaknya hendak disunat loh! Karena dengan tenangnya anak saat disunat, maka tekanan dan stres pada orang tua pun bisa dihindari. 

BACA JUGA

Sudah Olahraga tapi Diabetes Tak Kunjung Sembuh? Olahraga yang Dipilih Ternyata Salah!

Inspiratif! Punya Satu Kaki dan Tangan, Veteran Amerika Ini Berhasil Jadi Atlet Binaraga

Frustasi! "Pria Berkepala Dua" Berharap Tidur dan Tak Bangun Lagi

Mengerikan, Bayi di Pemekasan Alami Penyakit Langka, Kulitnya Menghitam dan Melepuh

"Psikologis ini buat orang tuanya juga. Coba deh pada saat disunat terus anaknya itu nangis jejeritan teriak-teriak. Orang tua juga akan jadi stres, dan panik. Tetapi coba kalau proses sunatnya mudah, makin enggak sakit ya orang tua dari sang anak juga jadinya lebih enak dan merasa nyaman kan," tutup dr. Mahdian. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini