Image

SEXUAL HEALTH: Stres Berlebihan Bisa Tingkatkan Risiko Gatal di Area Miss V

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 23:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 481 1814141 sexual-health-stres-berlebihan-bisa-tingkatkan-risiko-gatal-di-area-miss-v-7I4wpm7Pha.jpg Ilustrasi (Foto: Healthydietbase)

BAGI perempuan, rasa gatal di sekitar miss V tentunya menjadi suatu hal yang tidak nyaman. Timbul keinginan untuk menggaruk tapi kulit di sekitar miss V tergolong sensitif dan tipis sehingga jika mendapat tekanan dapat menyebabkan iritasi. Rasa gatal biasanya disebabkan oleh infeksi ragi.

Infeksi ragi bisa terjadi bila ada bakteri maupun suhu yang lembab di sekitar vagina. Penggunaan kontrol kelahiran, obat-obatan tertentu, dan kebersihan miss V yang bermasalah bisa juga menjadi penyebab. Tapi sebuah penelitan baru mengungkapkan bahwa infeksi ragi ada kaitannya dengan tingkatan stres seorang perempuan.

"Stres memang tidak secara langsung menyebabkan infeksi ragi. Namun stres merupakan faktor pendukung yang membuat jamur berkembang biak lebih cepat. Kaitannya adalah saat seseorang merasa stres maka kandungan gula darahnya akan meningkat. Hal itu lantaran terjadi pelepasan kortisol. Di lain pihak, jamur pada miss V menyukai kondisi tersebut karena mereka menyukai gula. Itu membuat sensasi rasa gatal semakin menjadi. Jadi stres kronis dapat menyebabkan infeksi ragi kronis meskipun faktor risikonya tidak cukup besar," tutur seorang ob-gyn, Donnica Moore, MD seperti yang dikutip dari Health, Selasa (14/11/2017).

Lalu bagaimana cara menangani infeksi ragi bila di saat bersamaan sedang mengalami stres? Pertama, datanglah ke ob-gyn untuk meminta resep obat anti ragi. Lalu gunakan obat berupa krim tersebut secara rutin. Apabila rasa gatal masih terus terjadi, Anda bisa melakukan langkah kedua yaitu mengelola stres yang dialami.

Selain rutin menggunakan krim anti ragi, Anda bisa coba menghilangkan stres dengan meditasi, yoga, ataupun spa. Liburan juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk merefresh pikiran. Selain itu, pikirkan kembali hal-hal apa saja yang membuat Anda stres dan cobalah mencari jalan keluarnya. Seorang ahli lainnya menyarankan untuk menghilangkan gula sementara waktu dari makanan yang Anda konsumsi.

"Saya selalu memberitahu perempuan yang ingin mencoba untuk mencegah infeksi ragi dengan menghindari makanan yang mengandung gula sementara waktu. Jamur sangat suka dengan gula. Dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, itu bisa membantu membunuh jamur yang berada di sekitar vagina sehingga infeksi ragi menjadi sembuh. Hasil yang didapat adalah rasa gatal itu hilang," pungkas Mary Jane Minkin, MD, seorang profesor klinis kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini