nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Melongo, Berlian Langka Tanpa Warna Dilelang Senilai Rp 459 Miliar!

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 15 November 2017 13:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 194 1814424 bikin-melongo-berlian-langka-tanpa-warna-dilelang-senilai-rp-459-miliar-57RGEmWt5k.jpg Berlian berwarna D (Foto: Straitstimes)

BERLIAN adalah salah satu jenis perhiasan mewah dengan harga yang fantastis. Tak heran bila banyak orang terutama kaum hawa yang menginginkannya. Terbukti dari sebuah ajang pelelangan berlian di Jenewa, Selasa, 14 November 2017, beberapa orang rela merogoh kocek yang dalam demi mendapatkan berlian impiannya.

Sebuah berlian berwarna D terjual dengan harga US$ 34 juta atau setara dengan Rp 459 miliar. Berlian ini merupakan kelas warna tertinggi, karena merupakan jenis batu yang sama sekali tidak berwarna dan sangat langka. Kalung berlian ini berhasil didapatkan oleh seorang penelepon anonim.

Sebelumnya ada sebuah kalung berlian yang memiliki warna tipe D 11. Berlian 163.41-karat tanpa cacat ini dipotong dari batuan kasar. Dinamai The Art of Grisogono, kalung zamrud dan berlian ini terjual dengan harga penawaran terakhir 33,5 juta franc Swiss atau setara dengan Rp 458 miliar.

Beberapa orang sebenarnya mengharapkan berlian ini akan terjual dengan harga yang lebih tinggi karena pengerjaannya yang tidak biasa. Di sisi kiri kalung terdapat 18 berlian zamrud sementara di sisi kanannya terdapat dua baris zamrud berbentuk pir.

Masih ada lagi berlian yang menarik dari pelelangan semalam yaitu berlian berwarna merah muda. Berlian tersebut pernah berada di mahkota raja dan kaisar Prancis, termasuk Napoleon. Permata yang dinamai Kardinal Mazarin itu terjual dengan harga 14,4 juta franc Swiss atau setara dengan Rp 197 miliar.

Awal mulanya batuan ini ditemukan di tambang-tambang kuno yang terdapat di Golconda, India. Kilauan berlian ini pernah menghiasi mahkota Louis XV dan Louis XVI selama masa Revolusi Prancis. Kemudian berlian ini juga terdapat pada mahkota Napoleon I, Napoleon III dan Permaisuri Eugenie. Berlian ini muncul kembali dalam jangka waktu 130 tahun.

Rencananya acara lelang serupa akan kembali digelar. Dalam acara itu akan ditawarkan berlian merah muda terbesar di dunia dan dilelang dengan harga US $ 20-30 juta atau setara dengan Rp 270-405 juta. Demikian seperti yang dilansir dari The Strait Times, Rabu (15/11/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini