Image

4 Bahan Makanan yang Ampuh Mengatasi Rambut Kusut

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 19:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 194 1814595 4-bahan-makanan-yang-ampuh-mengatasi-rambut-kusut-v35cdv4520.jpg Masker rambut alpukat (Foto: Azspagirls)

RAMBUT rapi, halus tanpa kusut tentunya jadi impian semua orang, baik itu wanita ataupun pria. Namun sayangnya, situasi rambut kusut seringkali tidak terhindarkan dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu karena terkena tiupan angin, terlalu sering dan lama diikat, sampai karena jarang disisir.

Menanggulangi rambut yang kusut, seringkali banyak orang awam yang secara langsung saja menyisirnya dengan harapan helaian rambut yang ruwet itu bisa terurai.Tapi nyatanya rambut malah rontok!

Sebenarnya cara ini keliru adanya? Nekat menyisir begitu saja rambut yang kusut berpeluang besar membuat helaian-helaian rambut menjadi rontok.

Inilah mengapa disarankan, untuk mengaplikasikan bahan alami terlebih dahulu sebelum menyisir rambut yang kusut tersebut. Apa saja bahan rumahan yang bisa dijadikan olesan alami untuk ‘melicinkan’ rambut yang kusut? Sontek jawabannya dalam uraian di bawah ini, sebagaimana dikutip Boldsky, Rabu (15/11/2017).

Cuka apel 

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk melicinkan rambut yang kusut, ialah olesan cuka apel. Kandungan yang terdapat pada cuka apel ini akan berkerja sebagai kondisioner alami dan dapat membantu menghilangkan kaitan-kaitan di rambut. Caranya mudah saja, cukup campur 1 ½ sendok teh cuka apel dengan 2 cups (470ml) air lalu bilas rambut dengan menggunakan campuran ini, baru kemudian bilas rambut kembali dengan menggunakan air hangat.

Peanut butter 

Ups, siapa sangka olesan satu ini tidak hanya bisa enak untuk dikonsumsi sebagai olesan pada roti dan kue! Sebab peanut butter disebutkan juga bisa berfungsi sebagai ‘pelumas’ rambut kusut. Cukup ambil peanut butter sedikit saja, lalu balurkan pada helaian batang rambut, baru kemudian bilas bersih rambut dengan air air hangat, keringkan rambut, setelah benar-benar kering baru gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut.

Mayones 

Satu lagi bahan di dapur rumah yang bisa dimanfaatkan, yakni mayones. Yup caranya sama seperti bahan rumahan lainya, cukup ambil mayones secukupnya lalu balurkan merata ke rambut yang kusut, diamkan saja selama beberapa menit, baru kemudian sisir rambut dengan menggunakan sisir bergigi jarang.

Alpukat 

Tidak hanya lezat dikonsumsi sebagai buah potong, jus, ataupun salad, alpukat juga berguna untuk rambut kusut. Manfaatkan buah eksotis satu ini sebagai solusi rambut kusut Anda, mudah saja kok, cukup hancurkan daging alpukat sampai halus lalu balurkan ke area rambut yang kusut, diamkan sekitar 15 menit lamanya, baru kemudian cuci rambut sampai bersih dengan air hangat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini