nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eits... Donat Tidak Melulu Berlubang Loh, Ini Donat Unik dari Berbagai Negara

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 16 November 2017 05:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 298 1814500 eits-donat-tidak-melulu-berlubang-loh-ini-donat-unik-dari-berbagai-negara-IeXfeC2ai1.jpg Donat unik dari berbagai negara (Foto:Beautifulmess)

MENDENGAR kata donat, pasti yang terlintas di pikiran adalah kudapan manis terbuat dari tepung dengan bentuk bundar dan lubang di tengahnya.

Bentuk donat yang berbentuk bundar dan berlubang yang sudah mendunia dan seolah menjadi ikon dari bentuk donat tersebut. Sebenarnya diketahui merupakan bentuk tradisional donat dari sejarah donat Amerika sejak kurang lebih era 1800'an.

Dengan bentuk bundar dan berlubang di tengah yang mendunia tersebut. Seolah menjadikan bahwa donat di negara manapun akan seragam bentuknya. Eits, jangan salah! Ternyata tidak semua donat berbentuk seperti layaknya 'donat Amerika' loh! di berbagai negara, donat hadir dengan bentuk tampilan yang berbeda satu sama lain. Seperti apa contohnya? Ini dia ulasannya di bawah ini, seperti disitat Foodbeast, Kamis (16/11/2017).

BACA JUGA:

Luar Biasa, Sekolah Beri Ayam Panggang & Sandwich Gratis untuk Semangati Murid yang Ujian

Donat Italia 

Di negara tempat beradanya Menara Pisa ini, donat disebutkan bernama Bomboloni. Jika donat Amerika memiliki lubang yang besar di tengahnya, donat khas Italia satu ini hadir dengan bentuk roti pastry yang bulat padat dan lubang kecil ditengahnya yang kemudian diisi dengan custard. Untuk isian dalamnya, bomboloni biasanya diisi dengan custard, cokelat, marmalade, dan ditaburi dengan granular sugar.

 

Donat Israel

Donat khas Israel ini disebutkan sebagai donat jelly versi Timur Tengah. Donat Israel, alias Sufganiyot ini secara visual kurang lebih memiliki bentuk yang sama seperti bombolini asal Italia, namun untuk isian biasanya sufganiyot yang hadir sebagai sajian wajib perayaan Hanukkah ini diisi memakai cairan jelly ataupun custard. Bagian atas donat kemudian ditaburi oleh gula bubuk berwana putih.

 

Donat India

Donat di India, secara visual mungkin bisa dibilang sedikit mirip bentuknya dengan muffin. Namun tidak seperti muffin yang dikukus atau dipanggang, Balushi atau donat khas India ini diolah dengan cara digoreng menggunakan teknik deep fried dengan butter kemudian dicelupkan ke dalam sirup gula sehingga nantinya akan menjadi donat glazed.

Donat Prancis

Beignet, adalah donat khas Prancis di mana penganan satu ini diketahui sebagai salah satu pastry paling terkenal di Prancis. Jika donat biasanya hadir dalam bentuk bulat, beignet hadir dengan bentuk kotak persegi empat walaupun cara pembuatannya sama dengan donat lainnya yakni di mana adonan bernama choux digoreng dengan teknik deep fried. Donat Prancis ini juga cukup familiar keberadaannya di Amerika, biasanya disajikan sebagai pastry saat sarapan pagi bersama dengan taburan gula bubuk di atasnya.

 

BACA JUGA:

3 Ekor Kerbau Disembelih untuk Resepsi Adat Bobby-Kahiyang di Medan

Donat Turki

Donat asal Turki yang bernama Lokma ini, diketahui tidak hanya hadir sebagai donat khas Turki namun juga Yunani dan Mesir. Lokma yang berbentuk bola bulat-bulat kecil ukuran satu kali lahap ini biasanya berselimutkan oleh madu, simple syrup ataupun cokelat saat dihidangkan.

Donat Afrika Selatan

Koeksister yang dieja dengan sebutan "coke-sister" adalah donat yang menjadi makanan penutup populer di Afrika Selatan. Hadir dengan bentuk yang unik, yakni tidak berbentuk bundar ataupun kotak kecil seperti layaknya pastry lainnya, namun hadir dalam bentuk kepangan alias braid yang serupa dengan glazed twist doughnut ala Amerika. Mungkin jika di Indonesia, kurang lebih sama seperti kue guling ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini