Image

Suka Minum Kopi dalam Keadaan Perut Kosong? Begini Penjelasan Ahli Gizi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 16:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 298 1814514 suka-minum-kopi-dalam-keadaan-perut-kosong-begini-penjelasan-ahli-gizi-a4HhEaUoFF.jpg Minum kopi dalam keadaan perut kosong (Foto:Thedailymeal)

MENYERUPUT secangkir kopi hangat di pagi hari tampaknya sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Namun sayangnya, kebiasaan ini cenderung dilakukan di saat perut masih dalam keadaan kosong. Anda mungkin bertanya-tanya, apakah hal ini aman dilakukan?

Sejumlah penelitian mengklaim bahwa kebiasaan tersebut dapat meningkatkan asam lambung, gangguan pencernaan, hingga menyebabkan anxiety. Namun, menurut ahli gizi Madely Fernstrom dan Kristin Kirkpatrick, aman atau tidaknya konsumsi kopi tergantung pada kondisi kesehatan seseorang.

“Ini adalah pilihan pribadi setiap orang. Pasalnya, meminum kopi dalam keadaan perut kosong ternyata aman bagi sebagian orang. Yang terpenting adalah mengenal tubuh Anda sendiri,” tutur Fernstrom.

BACA JUGA:

Luar Biasa, Sekolah Beri Ayam Panggang & Sandwich Gratis untuk Semangati Murid yang Ujian

Fernstrom menjelaskan bahwa secara alami kopi memang mengandung asam. Minuman ini juga dapat memicu produksi asam di dalam perut manusia. Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki masalah lambung seperti refluks atau sakit maag, cenderung lebih rentan terkena dampak negatif dari kebiasaan mengonsumsi kopi di saat perut kosong.

“Jika Anda tidak memiliki masalah lambung, maka tidak akan mengalami gejala apapun saat mengonsumsi kopi di pagi hari. Namun sebaliknya, ketika Anda merasakan ada efek negatif, sebaiknya tinggalkan kebiasaan meminum kopi saat perut kosong,” tambahnya.

Fakta menarik lainnya, kandungan kafein ternyata tidak ada kaitan dengan meningkatnya kandungan asam dalam tubuh. Dalam arti lain, meski Anda beralih pada produk kopi tanpa kafein, hal tersebut tidak akan berdampak sama sekali. Anda bisa mulai mengonsumsi kopi yang memiliki kadar asam yang sangat rendah.

BACA JUGA:

Jangan Lagi Malas Olahraga, Ini Bisa Tingkatkan Daya Ingat Loh

Alternatif lainnya, usahakan untuk menyantap sedikit makanan terlebih dahulu sebelum menyesap secangkir kopi. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala-gejala yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam di dalam lambung.

Kopi mungkin merupakan sumber antioksidan terbesar bagi semua orang di seluruh dunia. Banyak penelitian yang membuktikkan bahwa minuman ini juga memiliki segudang manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Solusi terbaik adalah mengurangi konsumsi kopi, atau jika perlu hindari meminumnya di pagi hari.

“Saya selalu mengatakan kepada pasien, tidak hanya kopi, semua makanan dan minuman yang hendak Anda konsumsi sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tubuh. Itu adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah minuman seperti kopi cocok untuk Anda konsumsi,” tukasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini