Image

Misteri Batu Bergerak di Death Valley, Ini Fakta-Faktanya!

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 11:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 406 1814354 misteri-batu-bergerak-di-death-valley-ini-fakta-faktanya-tZC31dpFM9.jpg Misteri batu bergerak di Death Valley (Foto:Boldsky)

ALAM selalu dipenuhi oleh hal-hal yang mengejutkan. Dapatkah Anda membayangkan batu bisa berpindah dengan sendirinya? Kedengarannya mustahil, bukan? Namun, batu-batu di Death Valley diduga dapat bergerak sendiri.

Ada beberapa teori dan penjelasan mengenai peristiwa tersebut, tetapi semuanya tidak cukup kuat dan tidak masuk akal untuk dibuktikan. Dilansir dari boldsky.com (15/11/2017), ada beberapa detail dari batu berjalan di Valley Death yang menarik untuk diulik.

BACA JUGA:

Memprihatinkan, Keluarga Tunawisma Ini Jadikan Bangkai Pesawat sebagai Rumah

Death Valley merupakan tempat terpanas di dunia

Lembah gurun ini terletak di timur California. Padang pasir ini terkenal sebagai tempat yang paling panas, kering, dan terendah di Amerika. Suhu terpanas di Death Valley tercatat 134 derajat Fahrenhait atau 57,1 derajat Celcius pada Juli 1913.

Batu-batu kerap berpindah sendiri

Riset mengklaim bahwa batu-batu di sana sering bergerak sendiri. Batu-batu tersebut diyakini berpindah jika tidak ada orang yang melihat. Batu-batu itu tepatnya berada di Racetrack Playa, masih dalam kawasan Death Valley. Tempat itu pun dikenal dengan sebutan “batu bergerak”.

Masih menjadi misteri

Racetrack Playa adalah tempat yang kering, sehingga permukaan tanah di sana memecah membentuk mozaik-mozaik. Batu-batu di sana bergerak sendiri, lalu meninggalkan jejak yang jelas di permukaan tanah yang bermozaik tadi. Tidak ada tanda-tanda kekuatan manusia untuk memindahkan batu tersebut. Perpindahan tadi terjadi secara otomatis tanpa ada bantuan dari luar.

BACA JUGA:

Memprihatinkan, Keluarga Tunawisma Ini Jadikan Bangkai Pesawat sebagai Rumah

Batu-batu itu bergerak jika tidak ada yang melihat

Batu-batu di Death Valley dipercaya hanya akan berpindah jika tidak ada yang mengawasi. Tercatat batu bergerak selama 2—3 tahun sekali. Anehnya, batu tersebut bergerak pada arah yang tidak tentu. Namun di sisi lain, ada pula batu yang tidak bergerak.

Ada berbagai teori

Ada beberapa teori yang menjelaskan fenomana ini. Ada yang mengklaim bahwa angin kencang menghempaskan wilayah Death Valley yang menyebabkan batu bisa berpindah sendiri. Jika teori itu benar, mengapa hanya batu yang berpindah, bukan keseluruhannya? Teori lain mengatakan, kombinasi antara angin dengan suhu dapat menyebabkan peristiwa ini.

Menurut Anda, apa yang terjadi di Death Valley?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini