Image

Meskipun Letaknya Tersembunyi, Goa Kebon Tetap Menyimpan Pesona Alam yang Memukau

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 19:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 15 406 1814672 meskipun-letaknya-tersembunyi-goa-kebon-tetap-menyimpan-pesona-alam-yang-memukau-is6tjDW7ui.jpg Foto: ig mas.moe

MENGUNJUNGI objek wisata yang indah namun belum banyak diketahui oleh banyak orang terkadang membawa kesenangan tersendiri. Sebab saat berkunjung ke sana, wisatawan masih dapat merasakan suasana asli dan tidak bertemu dengan banyak orang. Di Kulon Progo, tepatnya Desa Krembangan, terdapat objek wisata seperti ini.

Terletak di tengah-tengah pekarangan warga, objek wisata ini bernama Goa Kebon. Objek wisata ini sebenarnya sudah lama ada tapi jumlah wisatawan yang datang berkunjung tidak menentu. Beruntung objek wisata ini sudah diresmikan pada Oktober 2015 lalu sehingga bisa menarik minat wisatawan untuk datang,

Seperti goa pada umumnya, di dalam Goa Kebon terdapat stalaktit dan stalakmit. Bahkan terdapat stalakmit dan stalaktit yang bersatu sehingga terlihat seperti tiang penyangga. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti berapa panjang goa yang memiliki ketinggian 3-5 meter itu. Dengan begitu, tidak dapat dipastikan sampai mana wisatawan dapat menelusuri goa.

Hal unik dari goa ini adalah mulut goanya hanya seukuran rongga tubuh manusia sehingga wisatawan yang ingin masuk harus bergantian. Keindahan yang nampak di mulut goa adalah adanya air terjun dan tirai batu. Uniknya, air terjun di goa ini tidak langsung jatuh ke sebuah kolam melainkan mengalir melalui batuan kapur sehingga membentuk ornamen alam yang cantik. Selain itu, aliran air pulalah yang membentuk tirai batu di area tertentu mulut goa.

Lingkungan sekitar goa yang dipenuhi berbagai macam tumbuhan rimbun membuat pengunjung betah berlama-lama. Suasana yang asri memang terkadang bisa membantu menghilangkan stres.Di depan goa terdapat sebuah kolam yang menampung aliran air terjun. Kolam tersebut bisa dijadikan tempat berendam meskipun airnya mengandung kapur. Sebab beberapa warga juga memanfaatkan air untuk rutinitas sehari-hari. 

Goa Kebon berada di Desa Krembangan VII Krembangan Panjatan Kulon Progo. Jalur termudah bila melalui Kota Wates, sesampainya di Monumen Nyi Ageng Serang, ambil arah selatan, jika ketemu Pertigaan Polsek Panjatan belok kiri, ikuti jalan ke arah balai desa Krembangan. Setelah itu, sebaiknya Anda bertanya kepada masyarakat sekitar karena belum petunjuk arah menuju Goa Kebon.

Beruntung jalan menuju tempat ini dapat dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini