Image

Curug Lontar, Wisata Air Terjun Asri yang Jarang Terjamah

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 21:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 406 1814740 curug-lontar-wisata-air-terjun-asri-yang-jarang-terjamah-y2mf5H3DeT.jpg

DI Indonesia sebenarnya banyak tempat wisata indah. Namun sayang, beberapa tempat wisata tersebut kurang mendapatkan perhatian pemerintah sehingga terkesan terbengkalai. Salah satunya adalah Curug Lontar di Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Curug yang dijadikan sumber pembangkit listrik ini masih bagian dari sungai Cianten yang berasal dari Pegunungan Halimun-Salak. Debit dari air yang mengucur terbilang cukup deras sehingga mampu menghasilkan listrik. Hal ini tidaklah aneh mengingat air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 30 meter.

Selain juntaian air dari ketinggian yang mampu melihat pengunjung berdecak kagum, suasana di sekitar air terjun sangatlah indah. Mulai dari pepohonan yang rimbun, tanaman yang menjalar di bebatuan samping air terjun, hingga hijaunya kolam tampungan air. Namun, pengunjung tidak disarankan untuk berenang ataupun sekadar berendam di kolam tersebut. Hal itu lantaran kolam seluas 7.000 m2 itu memiliki kedalaman lebih dari 26 meter.

Suasana hijau nan asri di sekitar air terjun dapat membuat pengunjung melepaskan kepenatannya setelah berjibaku dengan aktivitas sehari-hari. Tapi kembali lagi, hanya sedikit orang yang dapat menikmati keindahan ini lantaran minimnya informasi terkait objek wisata tersebut. Selain itu, tidak banyak orang yang tahu letak posisi air terjun ini sehingga sangat sulit menemukannya. Belum lagi jalan menuju air terjun ini masih terbuat dari tanah dan memiliki kemirigan yang dapat membuat kendaraan tergelincir saat musim hujan.

Jika Anda tertarik untuk menyaksikan keindahan alam Curug Lontar, Anda dapat membawa kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda bisa mengambil jalur dari Kota Bogor menuju Leuwiliang. Kemudian setelah melewati Jembatan Sungai Cianten, ambil arah menuju PLTA Kracak. Tanyakanlah kepada warga sekitar mengenai lokasi air terjun.

Sementara bagi Anda yang menggunakan transportasi umum, naiklah kereta menuju Stasiun Bogor. Dari situ, Anda bisa naik angkot 02 atau 03 yang menuju Bubulak. Sesampainya di Bubulak, perjalanan dilanjutkan dengan naik angkot 05 jurusan Jasinga-Leuwiliang. Turunlah di pertigaan Kracak dan terakhir naik angkot 57 jurusan Kracak-Puraseda. Tanyalah kepada supir angkot letak pasti air terjun.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini