Image

Menikmati Sejuknya Kawasan Kastoba di Gresik, Danau Luas di Tengah Pulau Bawean

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 22:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 406 1814776 menikmati-sejuknya-kawasan-kastoba-di-gresik-danau-luas-di-tengah-pulau-bawean-WCoNaoyH3B.JPG

SUMATERA Utara boleh saja bangga dengan Danau Toba. Tidak kalah menarik, Pulau Bawean di Gresik, Jawa Timur juga memiliki danau yang luas dan indah. Namanya Danau Kastoba.

Danau Kastoba terletak di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Ini adalah danau luas yang dikelilingi oleh pepohonan rindang.

Untuk sampai ke Danau Kastoba, Anda harus menyeberang ke Pulau Bawean terlebih dulu. Dari Dermaga Sangkapura, Anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat selama 1,5 jam hingga 2 jam.

Jalanan menuju Kecamatan Tambak cukup bagus dan lebar. Namun begitu memasuki kawasan Desa Paromaan, Anda akan dihadapkan dengan jalanan yang sempit, meliuk dan naik turun. Meski jalanannya sudah dilapisi dengan aspal, tetapi dengan medan yang cukup terjal dan sempit, sebaiknya Anda menggunakan sepeda motor.

Setibanya di Desa Paromaan, parkirkan motor di perumahan warga. Kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki sekira 20 menit.

Jalanan setapak yang terjal dengan jurang di satu sisinya ini membutuhkan kewaspadaan tinggi. Karena terpeleset sedikit saja, Anda mungkin akan terperosok ke jurang yang dipenuhi dengan semak belukar.

Setibanya di Danau Kastoba, udara sejuk akan menyambut Anda. Semilir angin yang dihasilkan dari area penuh pepohonan ini memberikan rasa nyaman yang tak mudah didapatkan di perkotaan.

Luasnya Danau Kastoba dengan pepohonan lebat terhampar di depan mata. Mendekatlah ke tepi danau dan masukkan kaki Anda ke perairan yang dangkal. Rasa sejuk ini akan menjalar ke seluruh bagian tubuh.

Suasana di Danau Kastoba yang tenang dan dipenuhi dengan udara bersih sangat cocok dipilih sebagai tempat menenangkan diri. Di sini, Anda hanya akan mendengarkan suara angin yang menyentuh dedaunan atau sesekali suara burung.

Berbagai spot bisa dipilih untuk berpose dengan memperlihatkan luasnya danau sebagai background. Jika ingin bersantai, Anda bisa duduk di satu pondok kayu yang terletak di tepi danau.

Namun ingat, jangan membuang sampah sembarangan dan berpartisipasi dalam menciptakan kebersihan di tempat wisata. Tak ada biaya yang dikenakan untuk masuk ke kawasan Danau Kastoba. Anda hanya perlu bertanggung jawab akan diri sendiri dan lingkungan.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini