Image

5 Cara Ubah Gaya Hidup untuk Kelola Gula Darah Demi Cegah Diabetes

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 07:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 481 1814262 5-cara-ubah-gaya-hidup-untuk-kelola-gula-darah-demi-cegah-diabetes-Ov9KI5cV7K.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

KARENA pengaruh gaya hidup tidak sedikit orang produktif mengalami diabetes. Karenanya, Anda harus mengubah gaya hidup, mulai dari pola makan hingga aktivitas fisik rutin.

Diabetes tergolong penyakit silent killer, yang perlahan-lahan dapat mempengaruhi tubuh. Diabetes juga berhubungan erat dengan penyakit jantung dan penyebab utama stroke.

Penderita diabetes harus terus memantau kadar gula darahnya. Sebagian besar penderita diabetes harus menjalani suntikan insulin.

Nah, bagi Anda yang belum mengalaminya, perhatikan tips berikut ini untuk mencegah diabetes. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Rabu (15/11/2017).

Hindari makanan olahan

Makanan olahan seperti daging hampir sudah tidak memiliki nutrisi. Selain itu, makanan tersebut lama dicerna oleh tubuh. Karenanya, Anda harus membatasi konsumsi makanan olahan agar tidak memicu diabetes dalam jangka panjang.

Olahraga teratur

Bila Anda olahraga secara teratur dapat menjaga kadar gula dalam tubuh. Ini membantu memanfaatkan glukosa dalam tubuh, yang mana tubuh tidak dapat berubah menjadi energi. Selain itu, membantu menjaga berat badan yang sehat juga akan membantu Anda mengelola penyakit dengan lebih baik. Olahraga teratur juga meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, serta membantu mencegah penyakit jantung.

Hindari stres

Bila stres membuat kita makan lebih banyak makanan tidak sehat, yang tentu dapat memicu diabetes. Selain juga lukosa dalam tubuh bisa meningkat pada saat itu. Secara umum, stres yang berkepanjangan mungkin berdampak serius pada masalah jantung yang serius dan merusak organ dalam lainnya. Orang yang stres mungkin lupa makan tepat waktu atau mengkonsumsi obat-obatan yang penting untuk menjaga kadar gula darah normal.

Hindari duduk terlalu lama

Penelitian terbaru menunjukkan, seseorang yang terlalu lama duduk dapat melipatgandakan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular. Penderita diabetes akan memiliki kelebihan glukosa dalam darah, yang membuat tubuh tidak dapat mengubah menjadi energi. Glukosa ini bisa membahayakan organ dalam jika Anda jarang gerak, karena sebabkan darah tersumbat. Saat kita bergerak, glukosa dimanfaatkan dan gula darah menurun secara otomatis.

Minum air putih

Saat bangun pagi dan mulai beraktivitas, minumlah banyak air putih. Hal ini dapat mengurangi risiko gula darah tinggi. Saat tubuh kita mengalami dehidrasi, hormon yang disebut vasopressin meningkat. Hormon ini membuat hati menempel ke air dan mendorong hati untuk menghasilkan lebih banyak gula darah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini