Image

Hati-Hati! Orang yang Punya Banyak Tagihan dan Cicilan, Berisiko 13 Kali Terkena Serangan Jantung

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 20:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 481 1814721 -TbBmYwXI6b.jpg

PERNAHKAH Anda merasa tertekan dalam masalah keuangan, misalnya untuk membayar cicilan? Jika hal ini sering terjadi, maka Anda harus lebih perhatian akan kesehatan.

Sebab menurut penelitian terbaru, orang dewasa yang tertekan untuk membayar tagihan mereka 13 kali lebih mungkin terkena serangan jantung. Ilmuwan Afrika Selatan juga menemukan risiko tersebut dapat meningkat 6 kali lipat pada mereka yang memiliki pekerjaan penuh tekanan.

Klaim terbaru ini dirilis pada Februari di The Lancet, bahwa stres memiliki dampak kesehatan yang sama dengan merokok dan penderita tekanan darah tinggi. Hal ini kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung dan memengaruhi peredaran darah.

Para dokter meminta agar ada panduan terbaru untuk menanyakan pasien serangan jantung tentang tingkat stres mereka di tempat kerja dan di rumah. Hal ini berguna untuk mencapai diagnosis lebih awal dan intervensi yang lebih cepat. Temuan menunjukkan bahwa semua pasien harus segera diberi informasi tentang bagaimana cara melawan stres.

Para peneliti dari University of the Witwatersrand menggunakan data dari 106 pasien yang menderita serangan jantung dan dirawat di rumah sakit di Johannesburg. Peneliti utama, Dr Denishan Govender mengungkapkan temuan timnya di Kongres Tahunan Asosiasi Jantung Afrika Selatan di Johannesburg.

"Beberapa dokter bertanya tentang stres, depresi, atau kecemasan fisik di waktu yang umum. Ini harus menjadi praktik rutin, seperti bertanya tentang merokok," ujar Dr Govender dikutip dari Dailymail, Rabu (15/11/2017).

Dalam penelitian ini, masing-masing peserta diminta untuk menilai tingkat tekanan keuangan mereka. Jawabannya berkisar dari tidak stres, ringan, sedang atau signifikan, tergantung pada pendapatan dan pengeluaran mereka.

Para peneliti kemudian menggali data dari Interheart Study untuk mengetahui apakah ada kaitan antara keduanya. Hasilnya menunjukkan bahwa peningkatan 13 kali lipat pada kemungkinan serangan jantung muncul di antara mereka yang memiliki tekanan finansial signifikan.

Pada orang yang mengalami tekanan dalam membayar tagihan, laporan tersebut mengungkapkan bahwa orang yang mengalami tekanan tersebut berisiko tiga kali menderita serangan jantung. Dari penelitian tersebut, sekira 40 persen melaporkan tingkat stres yang parah.

Jika Anda mengalami tekanan dalam pekerjaan dan masalah keuangan, jangan abai untuk memeriksakan kesehatan jantung Anda.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini