nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kreatif! Kain Nusantara Disulap Jadi Beragam Item Fashion Ciamik, Sukses Tembus Pasar Dunia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 16 November 2017 19:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 16 194 1815367 kreatif-kain-nusantara-disulap-jadi-beragam-item-fashion-ciamik-sukses-tembus-pasar-dunia-CHo2uyujqL.jpg

MENJUNJUNG tinggi nilai Pancasila bisa dalam segala hal pengaplikasiannya. Mencintai Indonesia dan mengembangkan potensi bangsa menjadi contoh yang bisa dilakukan bagi generasi muda.

Nah, kreativitas anak bangsa tidak perlu diragukan lagi. Semakin canggihnya zaman ternyata membuat banyak orang yang memaksimalkan potensi yang ada di Indonesia ini. Salah satunya adalah kain nusantara. Siapa bilang kalau kain nusantara itu ujung-ujungnya hanya jadi pakaian?

Ternyata di tangan perempuan asal Palembang ini kain nusantara difungsikan sebagai statement sebuah tas. Adalah Ida, berawal dari memiliki banyak koleksi kain tenun di rumahnya, akhirnya ide kreatif pun muncul.

"Daripada hanya jadi kain dan disimpan saja di lemari, saya olah saja menjadi penghias tas," katanya kepada Okezone saat ditemui di event IndoFest, JCC, Kamis (16/11/2017). Uni Ida, sapaan akrabnya, melanjutkan, di awal penjualan tasnya itu dia mengandalkan Facebook sebagai media penyebaran informasinya.

Semakin hari semakin banyak yang tahu produknya. Sampai akhirnya kini tas kain tenunnya itu sudan sampai diekspor ke Korea, India, ataupun China. "Ya, tentunya merasa bangga bisa memperkenalkan kain nusantara ke luar negeri. Apalagi responnya juga baik," tambahnya.

Ya, kain nusantara di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Jangankan bicara jumlah, motif dan kain dasarnya saja bisa dikatakan dalam satu kota jumlahnya tidak hanya satu.

Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Dimana, kekayaan alam dan budaya tersebut ternyata benar adanya.

Diungkapkan Uni Ida sedikit bahwa penggunaan kain nusantara itu sendiri saja mencerminkan identitas bangsa. "Boleh tasnya memang punya merek luar negeri, tapi gimana enggak bangga bisa pakai tas yang ada ciri khas Indonesianya," ungkapnya lantas tersenyum.

(Baca Juga: CEO Ganteng Ini Akan Beri Uang Ratusan Juta pada Perempuan yang Luluhkan Hatinya)

Selain kain nusantara dan pengaplikasiannya di sebuah produk, kreativitas anak bangsa juga bisa terlihat dari kerajinan pernak pernik yang menarik perhatian.

Salah satunya yang dimiliki Yoenarti Soewarno ini. Gantungan kunci dengan karakter kartun ini ternyata terbuat dari rajutan kain wol. Tanpa keahlian khusus, tentunya barang cute seperti itu tidak akan bisa terbentuk.

"Ini dibuat dengan tangan lansung. Pengerjaannya pun rumit makanya butuh waktu yang tidak sebentar," tutur Yoenarti pada Okezone.

Dia juga menjelaskan bahwa memang katakter yang dibuat bukan sesuatu yang Indonesia banget, tetapi keahlian yang dimiliki ini merupakan keahlian anak bangsa yang juga perlu diapresiasi dengan baik.

(Baca Juga: VIRAL! Pria Ini Tewas Setelah Tidur Gunakan Kipas Angin di Kamar)

Sementara itu, bicara mengenai kain nusantara sendiri, penggunaannya sebagai atribut fashion pun masih tinggi dan banyak diminati masyarakat Indonesia. Bahkan, bagi sebagian orang, mengenakan kain nusantara itu ada rasa kebanggaan tersendiri.

Seperti yang diceritakan Tety Fadilah. "Ya, kalau pakai kebaya dengan bawahannya kain, ada rasa senang sekaligus bangga saja. Yang terpenting, ngerasa cantik banget!" ceritanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini