nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Bersihkan Peralatan Kue Berbahan Silikon

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 04:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 16 298 1815390 5-tips-bersihkan-peralatan-kue-berbahan-silikon-2cfHZllYWW.jpg Alat masak silikon (Foto: Vonshef)

KEGIATAN membuat kue di rumah, memang selalu menjadi hal yang menyenangkan. Namun, tentu saja kesenangan akan membuat kue ini dibarengi dengan tumpukan cucian peralatan kue atau yang biasa disebut bakeware kotor. Salah satunya ialah bakeware yang terbuat dari bahan silikon.

Bakeware bermaterial bahan silikon ini, dilihat sepintas mudah dibersihkan. Eits, jangan salah! Terkadang peralatan membuat kue satu ini juga cukup menantang dan menuntut kesabaran loh untuk dibersihkan dari sisa-sisa minyaknya yang menempel.

Nah, di bawah ini akan diulas sederet tips yang bisa dilakukan di rumah agar lebih mudah membersihkan peralatan membuat kue berbahan silikon.

1. Air panas dan sabun cuci piring : Tips pertama yang bisa dicoba ialah dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas. Kenapa sabun cuci piring? Sebab, terkadang bahan-bahan alami kurang ampuh untuk menghilangkan minyak-minyak membandel yang menempel. Cara membersihkan sillicone bakeware dengan air panas dan sabun cuci piring ini pertama ialah, kenakan dahulu sarung tangan karet atau rubber gloves untuk melindungi tangan dari air panas. Setelah itu, baru kemudian tuangkan tetesan sabun pencuci piring ke bakeware yang hendak dicuci, tuang air panas (sepanas mungkin sekuat Anda) sedikit, lalu mulailah menggosok atau scrubbing bakeware silikon kotor tersebut berulang kali sampai bersih.

2. Panaskan : Jika sisa-sisa panggangan kulit muffin masih menempel di bakeware Anda, solusi untuk menghilangkannya ialah dengan memberikan suhu panas. Taruh bakeware silikon tersebut di dalam oven dengan suhu 350 Fahrenheit selama kurang lebih 10 menit, setelah itu rendam di dalam air yang sangat panas. Dengan metode ini, sisa kerak yang tadi menempel bisa melunak, dan mudah untuk dilepaskan.

3. Baking soda : Sudah mencoba tips lainya namun belum berhasil juga karena masih ada sisa minyak menempel? Inilah waktu yang tepat untuk menggunakan baking soda. Buatlah pasta kental dari campuran baking soda dan air, lalu aplikasikan ke bagian bakeware yang kotor dan ada kerak menempel, diamkan selama beberapa saat hingga baluran pasta baking soda tersebut mengering, baru setelah kering bilas bakeware hingga bersih dengan air panas dan sabun pencuci piring.

4. Hindari sponge kasar : Sabun pencuci piring biasanya terbagi jadi dua bagian, ada sisi bulu sponge yang halus ada yang sedikit kasar. Nah, dalam membersihkan bakeware silikon ini disarankan untuk tidak menggunakan scrubby sponge alias bagian sisi yang kasar. Alih-alih menjadi bersih, penggunaan scrubby sponge ini malah bisa membuat peralatan membuat kue Anda menjadi terkelupas dan rusak.

5. Hindari cooking spray : Untuk mencegah tumpukan berminyak lagi di kemudian hari, sebaiknya ketika membuat kue, abaikan saja cooking spray. Sebab sebenarnya, cooking spray ini tidak lagi dibutuhkan mengingat pan sebetulnya sudah bersifat non-stick. Cooking spray disebutkan malah akan membuat peluang sisa-sisa kue, minyak, ataupun bahan-bahan lainnya menjadi melekat. Demikian sebagaimana diwarta Thekitchn, Jumat (17/11/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini