nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sensasi Panjat Tebing di Pantai Siung Sambil Ditemani Deburan Ombak

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 16 November 2017 14:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 16 406 1815112 sensasi-panjat-tebing-di-pantai-siung-sambil-ditemani-deburan-ombak-iI0WsQdawt.jpg Pantai siung (Foto: Anekatempatwisata)

WISATA pantai di Gunungkidul kini semakin banyak mencuri perhatian. Banyak wisatawan yang rela menempuh perjalanan cukup jauh demi melihat keindahan ombak di pantai selatan. Salah satunya adalah Pantai Siung yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus.

Pantai berpasir putih ini terkenal dengan tebing-tebing raksasa yang menjulang di bagian barat. Banyak wisatawan yang datang ke sana untuk menjajal kegiatan panjat tebing. Ya, pantai ini adalah salah satu lokasi yang seringkali digunakan oleh komunitas pecinta alam untuk kegiatan mereka. Bahkan beberapa kompetisi panjat tebing, baik lokal maupun internasional, pernah diadakan di tempat ini.

Maka tak heran bila pantai ini dijuluki sebagai Situs Panjat Tebing Terbaik di Yogyakarta. Lokasi yang sering digunakan untuk panjat tebing terbagi menjadi beberapa jalur pemanjatan. Tingkat kesulitannya pun bermacam-macam.

 

Selain itu, di lokasi agak menjorok ke laut, terdapat bebatuan karang yang bila dilihat dari kejauhan mirip dengan gigi kera atau istilah lainnya Siung Wanara. Berdasarkan cerita seorang sesepuh yang tinggal di sana, pemilihan nama Pantai Siung didasari oleh bebatuan karang tersebut.

 

Keindahan panorama pantai yang dihiasi oleh bukit di sebelah kanan dan kiri membuat wisatawan betah berlama-lama. Mulai dari hanya sekadar bermain air di pantai hingga menginap menggunakan tenda. Ya, meskipun di pantai ini belum ada area penginapan, tapi pihak pengelola menyediakan camping ground yang seringkali dipakai sebagai tempat mendirikan tenda.

 

Untuk dapat menyaksikan deburan ombak yang menghantam karang di Pantai Siung, Anda dapat membawa kendaraan pribadi ke sana. Beruntung jalanan menuju pantai sudah teraspal dengan baik meskipun terdiri dari tikungan dan tanjakan yang cukup tajam. Selama perjalanan, Anda dapat menikmati pula pemandangan perbukitan kapur dan ladang palawija. Tak hanya itu, jika Anda sudah puas bermain air, Anda bisa menuju atas bukit untuk menyaksikan pemandangan alam Pantai Siung yang lebih indah lagi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini