Ladies, Ini Tips Atasi Rambut Rontok dan Ketombe untuk Kamu yang Berhijab ala Dewi Sandra

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 17 194 1815584 ladies-ini-tips-atasi-rambut-rontok-dan-ketombe-untuk-kamu-yang-berhijab-ala-dewi-sandra-FZyIA1d5yk.jpg Dewi Sandra (Foto: Utami/Okezone)

PERAWATAN rambut pada setiap orang tergantung pada kondisi kulit kepala masing-masing. Namun ada hal lain yang juga memerlukan perawatan ekstra pada rambut, salah satunya adalah perawatan rambut untuk wanita berhijab.

Pada wanita yang menggunakan hijab dalam kehidupan sehari-hari, rambut bisa menjadi lebih lembab karena tertutup hijab berjam-jam. Dewi Sandra yang sudah bertahun-tahun memutuskan berhijab mengatakan, ketombe dan bau apek adalah dua hal yang paling sering dikeluhkan.

Oleh karena itu, perawatan ekstra dibutuhkan untuk meminimalisir kerusakan rambut. Simak tips yang dibagikan oleh dr. Sari Chairunnisa, SpKK berikut ini:

Lepas kunciran rambut setelah pulang

Umumnya, wanita yang mengenakan hijab akan menguncir rambutnya selama beraktivitas. Tentunya ini dilakukan agar rambut tak berantakan dan keluar dari hijab. Tetapi jika terlalu lama menguncirnya, rambut menjadi tertarik dan rentan rontok. Karena itu, sebaiknya lepas kunciran begitu sampai di rumah.

"Rambut berhijab rontok karena tidak boleh dalam keadaan ketarik dalam waktu lama. Kadang rambutnya dikuncir kan. Sampai rumah lebih baik digerai," jelas dr. Sari kepada Okezone saat ditemui usai acara Perkenalan Brand Ambassador Baru dan Peluncuran Rangkaian Sampo oleh Wardah di Hotel Pullman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 16 November 2017.

Pastikan rambut benar-benar kering

Sebelum mengenakan hijab, pastikan rambut Anda benar-benar kering. Apalagi jika Anda keramas sebelum berangkat kerja. Menurut dr. Sari, jika rambut yang belum benar-benar kering ditutup dengan hijab, maka hal ini bisa memunculkan rasa gatal pada kulit kepala dan ketombe.

"Jadi biarkan rambut kering dulu baru pakai hijab. Mungkin ini karena kebiasaan," ujar dr. Sari.

Pakai sampo yang tepat

Setiap orang memiliki masalah rambut dan kulit kepala yang berbeda. Karena itu, sesuaikan sampo yang Anda pilih dengan masalah yang dialami. Dewi Sandra misalnya, ia memilih sampo yang berfungsi memperkuat akar rambut.

"Saat ini aku pakai hairfall treatment. Bukan karena rambut aku rontok, tetapi karena ingin memperkuat akar rambut," ujar Dewi Sandra.

Sementara Natasha Rizky memilih sampo yang memiliki keharuman tahan lama, sehingga menghindari rambut dari bau apek yang mengganggu.

"Aku tertarik sama yang daily fresh. Cocok banget untuk kita yang berhijab. Dua hari enggak keramas, Alhamdulillah emang wangi," ujar istri Desta ini.

Sedangkan Mesty Ariotedjo yang baru dilerkenalkan sebagai Brand Ambassador terbaru juga pernah memiliki masalah ketombe. Meski dirinya tak mengenakan hijab, namun aktivitas yang padat tanpa diimbangi perawatan kulit kepala yang bagus membuatnya harus berhadapan dengan masalah ketombe.

"Kecantikan tidak bisa dipungkiri bahwa kita harus merawat diri secara fisik juga. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri dalam kehidupan sehari-hari," tandas Mesty yang juga merupakan seorang dokter.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini