nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Teknologi Bikin Jam Tangan Ini Tetap Menyala Tanpa Harus Ganti Baterai

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 17 194 1815588 keren-teknologi-bikin-jam-tangan-ini-tetap-menyala-tanpa-harus-ganti-baterai-nQLPPsShD8.jpg Jam tangan tetap menyala tanpa ganti baterai (Foto: Tiara/Okezone)

SEJAK kemunculan isu pemanasan global beberapa tahun lalu, banyak kampanye yang mengimbau agar masyarakat lebih memilih menggunakan produk ramah lingkungan. Hal ini bertujuan agar dampak pemanasan global tidak terlalu parah. Sejumlah produsen pun mendukung kampanye ini dengan menghasilkan produk berbasis teknologi ramah lingkungan.

Tak hanya produsen perlengkapan rumah tangga, brand fashion seperti CITIZEN ikut menciptakan produk dengan teknologi tersebut. Penghasil jam tangan yang produknya sudah menyebar di berbagai penjuru dunia ini menerapkan teknologi Eco-Drive. Teknologi ini membuat baterai jam tangan tidak perlu diganti hingga sepuluh tahun lamanya.

Teknologi yang pertama kali diluncurkan di Jerman pada tahun 1994 ini membuat CITIZEN menjadi pelopor penggunaan teknologi ramah lingkungan. Jam tangan nantinya bisa tetap menyala karena di dalamnya terdapat panel surya. Dengan begitu energi dapat dihasilkan dari cahaya lampu meski yang redup sekalipun.

Penggunaan teknologi Eco-Drive pada jam tangan membuat produk lebih presisi dan fungsionalitas. Kelebihan lainnya adalah memperbaiki efisiensi, desain yang lebih menarik, dan memiliki daya tahan yang lebih lama. Teknologi ini pun memungkinkan jam tangan nyala kembali jika dijemur di bawah sinar matahari.

Para teknisi yang menciptakan teknologi ini masih terus berupaya meningkatkan kemampuan agar jam tangan lebih fungsional dan menurunkan konsumsi energi. General Manager of CITIZEN Watches (HK) Singapore Branch, Mr. Kyosuke Hiramatsu mengatakan, "Di tahun ke-100 CITIZEN hadir, kami akan menghadirkan produk yang spesial. Hal itu lantaran usia 100 tahun menjadi tahun yang spesial bukan hanya untuk CITIZEN tetapi juga untuk semua pihak yang mendukung," saat ditemui dalam grand opening 1st Citizen Store in Indonesia, Kamis (16/11/2017) di Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Utara.

Teknologi ini diterapkan di berbagai model jam tangan yang dikeluarkan CITIZEN. Mulai dari yang classic maupun sporty. Termasuk pada jam tangan yang berbahan stainless steel, kulit, maupun rubber.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini