nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perjalanan Hidup Kristania Virginia Besouw, dari Miss Indonesia hingga Prajurit Amerika

Vessy Frizona, Jurnalis · Minggu 19 November 2017 20:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 17 196 1816034 perjalanan-hidup-kristania-virginia-besouw-dari-miss-indonesia-hingga-prajurit-amerika-Rng5eJOqdn.jpg (Foto: Reuters)

NAMA Kristania Virginia Besouw pertama kali dikenal lewat pemilihan ajang ratu kecantikan, Miss Indonesia 2006. Ia adalah wakil Sulawesi Utara yang dalam kompetisi tersebut melangkah maju sebagai peraih mahkota bergengsi dan langsung dinobatkan sebagai Miss Indonesia.

Wanita kelahiran Manado, 7 Mei 1985 ini pun kemudian langusung menjalani tugas-tugas di bidang sosial yang berhubungan dengan dunia wanita.

Sebagai Miss Indonesia kala itu Kristania berhak mengikuti ajang Miss World 2006 mewakili Indonesia yang digelar di Sala Kongresowa, Warsawa, Polandia. Di ajang tersebut ia berhasil meraih posisi 24 besar babak fast track Miss Sports.

Wanita yang akrab disapa Kristy ini memiliki jiwa sosial tinggi. Berkat kepeduliannya kepada sesama, ia pun diminta lembaga internasional UNICEF untuk melakukan penyuluhan tentang pentingnya imunisasi campak pada bayi. Sebab kala itu penderita campak di Indonesia mencapai 30 ribu orang setiap tahun. Secara tidak formal, ia didapuk beberapa kalangan sebagai Ratu Campak.

(Foto: Reuters)

Dunia kesehatan yang dilakoni Kristy tak ada kaitannya dengan latar belakang pendidikan yang ia tempuh. Saat itu ia tercatat sebagai mahasiswi Universitas Sam Ratulangi jurusan Administrasi Bisnis. Totalitas Kristy akhirnya membuat ia meninggalkan studinya di bidang Ekonomi di Universitas Sam Ratulangi kemudian pindah ke Amerika Serikat untuk mengejar gelar jurusan Keperawatan.

Dunia itu pula yang akhirnya mempertemukan Kristy dengan Frank Piay, lulusan kedokteran dari sebuah universitas di Filipina yang tinggal di Colby, Kansas, Amerika Serikat (AS). Mereka pun menikah pada 2007, lalu menetap di AS. Bersamaan dengan keputusan itu Kristy pun melepas jabatannya sebagai Miss Indonesia.

Setelah kurang-lebih 8 tahun tinggal di AS, Kristy berkeinginan ikut warga negara sang suami, yaitu Amerika Serikat. Namun, bertahun-tahun tak kunjung ia dapat lantaran masih berstatus sebagai student visa. Agar dapat terus tinggal bersama suami ia harus terus kuliah, sedangkan biaya kuliah mahal sekali.

(Foto: Miss Indonesia.net)

Berdasarkan pengakuan Kristy di salah satu media online, untuk mendapatkan status kewarganegaraan AS, ia pu masuk Army lewat MAVNI (Military Accsesion Vital to The National Interest) program (yaitu program khusus untuk orang-orang yang sekolah di AS) jadi dalam kurun waktu kurang dari dua tahun mengikuti program itu, setelah lulus Kristy langsung menjadi citizen (warga negara AS).

(Foto: Miss Indonesia.net)

Sejauh ini Kristy mengaku menikmati kariernya di kemiliteran AS. Sebab sejak kecil ia memang wanita yang tomboi. Darah militernya mengalir dari almarhum ayahnya, Yannemen Besouw yang merupakan prajurit TNI Angkatan Laut. Sementara itu sang kakek adalah seorang pensiunan Polisi.

(Baca Juga: Miss World Indonesia yang Berprestasi dari Tahun ke Tahun)

Selama bergabung dengan militer AS, Kristy sudah mendapat pelatihan perang, seperti basic combat (dasar-dasar bertempur) dari defense (bertahan), pegang senjata, kasih bersih senjata, dan menembakkan senjata.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini