Image

Mengulik Sejarah Royal Albert Hall, Tuan Rumah Ajang Miss World Selama 20 Tahun

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 19 November 2017, 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 17 406 1815964 mengulik-sejarah-royal-albert-hall-tuan-rumah-ajang-miss-world-selama-20-tahun-9PTSNw6nEt.jpg Royal Albert Hall (Foto:Royalalberthall)

MISS World merupakan kontes kecantikan internasional tertua yang masih eksis hingga saat ini. Kontes kecantikan ini diprakarsai oleh Eric Morley pada tahun 1951, dan pertama kali diadakan di Inggris tepatnya di London’s Lyceum Theatre.

Seiring berjalannya waktu, Miss World pun mulai dikenal oleh masyarakat luas dan diputuskanlah untuk menggelar acara di tempat yang lebih besar. Royal Albert Hall akhirnya terpilih sebagai tuan rumah.

BACA JUGA:

Liliana Tanoesoedibjo Nilai Achintya Nilsen Miliki Potensi Besar di Miss World 2017

Bagi para pencinta musik mungkin sudah familiar dengan tempat ini. Royal Albert Hall merupakan sebuah gedung konser yang berada di ujung utara daerah South Kensington, Kota Wesminster, London, Inggris. Sederet penyanyi papan atas mulai dari Eric Clapton, The Beatles, Robbie Williams, Adele, hingga Siti Nurhaliza pernah mengadakan konser tunggal di aula berkapasitas hingga 5.272 kursi tersebut.

Royal Albert Hall pada awalnya disebut Centrall Hall of Arts and Sciences, namun diubah menjadi Royal Albert Hall of Arts and Science oleh Ratu Victoria saat meletakan fondasi batu Hall pada tahun 1867. Tempat ini kemudian diresmikan oleh Victoria pada tahun 1871.

Dilansir Okezone dari berbagai sumber,  aula ini didirikan untuk kemajuan seni, sains, dan karya industri semua bangsa dalam memenuhi keinginan Albert Prince Consurt (suami Ratu Victoria). Namanya mulai dikenal setelah mengadakan konser prom musim panas tahunan pada tahun 1941.

BACA JUGA:

VIRAL! Model 19 Tahun Rela Jual Keperawanan untuk Bayar Kuliah, Beli Rumah dan Keliling Dunia

Selain Miss World, Eric Clapton juga menjadi salah satu penampil reguler di Royal Albert Hall. Selama lebih dari 20 tahun ia kerap mengadakan konser tunggal di tempat tersebut. Konser pertamanya sendiri diadakan pada Desember 1964. Kala itu, Clapton berhasil menghipnotis seisi ruangan dengan penampilannya yang apik bersama Yardbirds.

Tidak hanya untuk keperluan kontes dan konser saja, Royal Albert Hall menjadi gedung multifungsi yang sering digunakan untuk mengadakan acara amal, upacara wisuda, pertandingan tenis, pertunjukkan balet, dan masih banyak lagi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini