Share

Penuh Kafein dan Pemanis Buatan, Ini 5 Bahaya Sering Tenggak Minuman Berenergi

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 17 481 1815604 penuh-kafein-dan-pemanis-buatan-ini-5-bahaya-sering-tenggak-minuman-berenergi-z1RVSwT447.jpg Ilustrasi (Foto: Mensfitness)

MINUMAN berenergi diyakini dapat membangkitkan stamina tubuh dengan cara instan. Padahal ada sejumlah bahaya di balik itu yang harus Anda waspadai.

Kebanyakan minuman energi dikonsumsi pasca olahraga berat atau usai mengerjakan pekerjaan rumah yang cukup menguras banyak tenaga.

Sebuah tinjauan baru terhadap pengetahuan ilmiah terkini tentang minuman energi telah menemukan, seseorang yang selalu mengonsumsi minuman itu dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental, peningkatan tekanan darah, obesitas dan kerusakan ginjal juga.

Apalagi kalau Anda mengonsumsi minuman energi saat dicampur dengan alkohol, yang dikonsumsi secara bersamaan dapat menyebabkan kematian serius.

Dibeberkan para ahli minuman energi mengandung air, gula, kafein, vitamin tertentu, mineral dan stimulan non-nutrisi seperti guarana, taurine dan ginseng. Beberapa minuman juga mengandung hingga 100mg kafein per ons cairan atau 8 kali lebih banyak dari kopi biasa pada 12mg.

Risiko kesehatan yang terkait dengan minuman energi sebagian besar disebabkan oleh kadar gula dan kafein yang tinggi. Dampaknya dapat menyebabkan masalah kesehatan mental dalam bentuk kecemasan dan stres, tekanan darah meningkat, obesitas, kerusakan ginjal, kelelahan, sakit perut dan iritasi.

Tidak cuma itu, ada dampak lainnya yang diperoleh seseorang saat mengonsumsi minuman berenergi berlebihan. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Jumat (17/11/2017).

Kerusakan gigi

Jumlah gula dan kafein tinggi yang terkandung dalam minuman energi tidak hanya mempengaruhi enamel gigi, tapi juga menyebabkan pembentukan gigi berlubang. Akibatnya, Anda bisa mengalami kerusakan gigi yang serius dan ujung-ujungnya bisa memicu penyakit kardiovaskular.

Diabetes

Beberapa penelitian telah menunjukkan, konsumsi minuman energi tidak hanya akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah, tetapi juga bisa resistensi insulin. Pada akhirnya seseorang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2 yang fatal dampaknya.

Letih

Berlebihan minum minuman ini bukannya malah bertenaga, malah bisa jadi sangat letih. Karena sistem adrenalin tubuh Anda terganggu akibat asupan kafein yang berlebihan. Karenanya, kurangi minuman itu apabila Anda terbiasa mengonsumsi.

Iritasi perut

Anda juga dapat mengalami iritasi perut saat mengonsumsi minuman energi berlebihan. Lapisan perut Anda bisa radang dan mengalami gangguan pencernaan lainnya. Karenanya, butuh langkah yang tepat untuk mengurangi kebiasaan mengonsumsi minuman tersebut.

Sakit kepala

Minuman energi mengandung pemanis buatan. Bila Anda mengkonsumsi terlalu banyak, bisa menyebabkan sakit kepala atau memicu migrain. Hindari minuman tersebut agar menjaga tubuh tetap bugar dan benar-benar berstamina.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini