nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Jam Tangan Awet Digunakan? Simak Cara Perawatannya

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 19 November 2017 09:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 18 194 1816507 ingin-jam-tangan-awet-digunakan-simak-cara-perawatannya-fSV4LfrHMK.jpg (Foto: Katewoodoriginals)

PEMAKAIAN aksesoris dalam busana sehari-hari kini sudah menjadi hal wajar, sebut saja penggunaan jam tangan.

Terlebih jam tangan bisa digunakan oleh semua kalangan. Namun model ataupun strap jam tangan setiap orang biasanya akan berbeda-beda. Ada yang lebih memilih jam tangan bergaya classic, ada pula yang menyukai jam tangan bergaya sporty atau simpel.

Ada tiga jenis bahan strap atau tali jam tangan yang populer di masyarakat yaitu stainless steel, kulit, dan rubber. Setiap bahan itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jadi, jika Anda ingin jam tangan yang Anda miliki bertahan lama, cara pemakaian dan perawatannya harus benar-benar diperhatikan.

Pada bahan strap kulit misalnya. Usahakan jam tangan jangan sampai terkena air. Seorang staf di toko jam Citizen, Neti menjelaskan, air dapat membuat kulit menjadi bau dan cepat rusak.

“Kalau tidak sengaja terkena air seperti kehujanan, bagian atas kulit bisa langsung dilap menggunakan kain atau tisu. Bisa juga diangin-anginkan. Jangan tetap dipakai karena bisa merusak kulit,” ujar Neti saat ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sementara itu, untuk strap berbahan rubber cara perawatannya tidak jauh berbeda. “Kalau kena air sama, langsung dilap saja. Terus kalau misalkan jam tangannya dipakai untuk berenang di laut, setelah selesai dibasuh saja dengan air tawar untuk menghilangkan sisa air laut,” tambah Neti.

(Baca Juga: Jam Tangan Pintar Selamatkan Pria dari Lautan Penuh Hiu, Kok Bisa?)

Ya, jam tangan yang talinya berbahan rubber memang sering digunakan pada model sporty maupun simpel. Hal itu membuat banyak orang yang memakainya di segala aktivitas karena dirasa cocok. Perawatan berbeda diterapkan pada strap berbahan stainless steel. Terkadang bahan ini dapat membuat jam tangan menjadi berkarat.

“Sebenarnya ada jenis stainless steel yang anti karat. Tapi banyak orang yang sering menggunakan jam tangan yang tidak murni stainless steel. Kalau misalkan terlihat ada karatnya, bawa saja ke service center. Nanti bisa langsung dibersihkan oleh staf di sana dan jam tangan terlihat mengkilap kembali,” jelas Neti.

(Baca Juga: Jangan Simpan Jam Tangan Kayu di Tempat Lembap)

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar jam tangan yang Anda miliki bertahan lama adalah memasukkannya kembali ke kotak usai digunakan. Sebab penyimpanan di dalam kotak meminimalkan risiko jam tangan terjatuh atau pun tergores.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini