nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ganti Baterai Jam Tangan Jangan Tunggu Mati Total, Bisa Buat Mesin Rusak

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 19 November 2017 09:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 18 194 1816508 ganti-baterai-jam-tangan-jangan-tunggu-mati-total-bisa-buat-mesin-rusak-DaRpLhGLsq.jpg (Foto: Fashiontag)

JAM tangan adalah aksesoris yang biasa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Namun pemilihan model jam tangan pada setiap orang berbeda.

Seorang staf toko jam tangan Citizen, Neti, mengatakan model jam tangan biasanya tergantung dengan karakteristik pemakai.

“Kalau untuk ibu-ibu biasanya mereka lebih menyukai jam tangan model classic dengan bahan strap stainless steel. Lalu untuk perempuan yang lebih muda biasanya suka model sporty atau simpel dari kulit. Kalau remaja biasanya suka ditawarkan model sporty tapi yang berbahan rubber. Kalau pria biasanya lebih suka yang model classic dengan bahan stainless steel. Tapi kalau jam tangan itu dipakai untuk kegiatan outdoor seperti travelling biasanya model sporty berbahan rubber yang dipilih,” jelas Neti saat ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Apapun model atau bahan strap jam tangan yang digunakan, dapat bertahan lama tergantung dari cara pemakaian dan perawatannya.

(Baca Juga: Peneliti Kembangkan Jam Tangan Pintar Unik)

Frekuensi penggunaan jam tangan yang terlalu sering dapat membuat strap atau tali jam tangan menjadi kotor karena keringat maupun debu. Cara yang bisa Anda lakukan adalah rajin membersihkannya dengan kain lap atau tisu yang sudah diberi air.

Kain lap atau tisu basah tersebut bisa langsung diusapkan pada tali jam tangan guna menghilangkan noda. Air yang digunakan pun cukup air biasa. Memang ada cairan khusus untuk membersihkan, namun menurut staf lainnya hal itu tidak terlalu penting.

Selain cara membersihkan, hal lain yang harus diperhatikan adalah performa jam tangan. Meskipun kini sudah ada jam tangan yang menggunakan teknologi panel surya, masih ada jam tangan yang menggunakan baterai. Baterai tersebut memiliki jangka waktunya masing-masing.

(Baca Juga: Untuk Orang Gemuk, Jam Tangan Ukuran Medium Sangat Cocok Digunakan)

Bila Anda menyadari jam tangan yang digunakan menitnya sudah mulai melambat, ada baiknya langsung membawa benda tersebut ke service center dan mengganti baterainya. Sebab menit yang melambat itu menandakan baterai sudah mau habis. “Jangan tunggu sampai jam tangannya mati total. Apalagi jika dibiarkan cukup lama setelah mati dan tidak diganti baterai bisa merusak mesin,” tambah Neti.

Apabila mesin jam tangan sudah rusak, maka mau tidak mau Anda harus membeli jam tangan baru. Jadi ada baiknya Anda lebih memerhatikan jam tangan yang digunakan.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini