Image

MISS WORLD 2017: Negara-Negara Asia yang Pernah Jadi Tuan Rumah Miss World

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 19 November 2017 08:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 18 194 1816494 miss-world-2017-negara-negara-asia-yang-pernah-jadi-tuan-rumah-miss-world-kucFQkLdEQ.JPG

KONTES kecantikan Miss World didirikan di London, Inggris pada 1951 oleh Eric Morley. Namun penyelenggaraannya tak hanya dilakukan di Eropa dan Amerika. Melainkan juga Asia, di mana sejumlah finalis datang dari benua ini.

Tahun ini, Miss World digelar di Sanya, China. Ini adalah kali ke-8 kontes kecantikan ini digelar di negara yang sama. Namun tak hanya China, tiga negara Asia lainnya juga sempat menjadi tuan rumah untuk Miss World.

Simak ulasannya dirangkum Okezone berikut ini:

Hong Kong

Negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah Miss World adalah Hong Kong. Hong Kong dipilih menjadi lokasi acara Miss World edisi ke-39, yakni pada tahun 1989. Digelar pada 22 November, malam final diadakan di Hong Kong Convention and Exhibition Centre.

Tak heran jika Hong Kong dipilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Miss World. Selain cukup modern, Hong Kong juga menawarkan banyak spot menarik untuk berwisata. Termasuk Victoria Park dan Po Lin Monastery.

India

Setelah Hong Kong, negara Asia selanjutnya yang menjadi tuan rumah Miss World adalah India. Di India, Miss World digelar pada 22 November 1996 dengan venue M. Chinnaswamy Stadium, Bangalore.

Negara yang erat dengan budaya dan tradisi ini ditunjuk sebagai tuan rumah hanya dua tahun setelah wakil India, Aishwarya Ray membawa pulang Mahkota Biru. Bangalore sendiri dikenal memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Bangalore Palace, Cubbon Park, Bannerghatta National Park, hingga Tipu Sultan's Summer Palace yang merupakan istana dengan arsitektur megah bernuansa emas.

China

China menjadi negara di Asia yang paling sering dipilih sebagai lokasi kontes kecantikan Miss World. Total delapan kali China menjadi saksi kemenangan para ratu kecantikan. Dimulai dari tahun 2003, 2004, 2005, 2007, 2010, 2012, 2015, dan 2017.

(MISS WORLD 2017: Achintya Nielsen Keluar Sebagai Pemenang Beauty With a Purpose)

Selama delapan kali menjadi tuan rumah, venua yang digunakan adalah Crown of Beauty Theatre, Dongsheng Fitness Center Stadium, dan Sanya City Arena. Sanya sendiri menjadi tuan rumah untuk ke-7 kalinya tahun ini. Kota ini menawarkan banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Tahun ini, para finalis Miss World diajak mengunjungi beberapa tempat. Mulai dari Wuzhizhou Island, Phoenix Island, dan Chimelong Ocean Kingdom.

Indonesia

Selama 67 kali gelaran Miss World dilakukan, Indonesia berkesempatan satu kali menjadi tuan rumah. Pada 2013, Bali ditunjuk sebagai tuan rumah dengan venue Nusa Dua Bali International Convention Center. Acara malam final dilakukan pada 28 September 2013.

(Baca Juga; Gaun Bernuansa Silver yang Dikenakan Achintya Nilsen Berhasil Menangkan Best World Designer di Miss World 2017)

Sebelum para finalis dari berbagai belahan dunia menjalani malam final, mereka sempat mengunjungi beberapa situs wisata di Bali. Mereka berkunjung ke Pura Besakih dan Museum Rudana di Ubud pada 12 September. Kemudian pada 13 - 14 September mereka mengunjungi Bali Safari and Marine Park di Gianyar, dan juga Gong Perdamaian.

Saat dihelat di Bali, presenter Daniel Mananta dan Amanda Zevannya didaulat menjadi co-host Miss World 2013.

(ism)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini